Dubes RI Sampaikan Peran Indonesia dalam MIKTA di Tanzania

By Admin

nusakini.com--Di hadapan akademisi dan mahasiswa Tanzania, Dubes RI Zakaria Anshar dalam congratulatory remarks pembukaan "Middle Power Diplomacy Seminar "  di Universitas Dar es Salaam (UDSM) menyampaikan mengenai peran Indonesia dalam MIKTA.  

"MIKTA merupakan forum informal dimana Indonesia dapat meningkatkan konektivitas dan kontribusi globalnya dalam global governance " ujar Dubes Zakaria. "Sejak MIKTA terbentuk tahun 2013, Indonesia aktif terlibat dalam berbagai kegiatan MIKTA termasuk penyelenggaraan "Interfaith and Cultural Dialogue 18-19 Oktober 2016 di Jogjakarta-Indonesia, yang dihadiri pemuka agama, akademisi, dan civil society officials dari negara-negara MIKTA. Dialog tersebut merupakan inisiatif Indonesia sebagai upaya mengatasi tantangan keamanan saat ini yaitu terorisme, radikalisme dan ekstrimisme", tambahnya. 
Seminar dibuka oleh Vice Chancellor UDSM dan Dubes Korea, H.E. Song Geum Yong sebagai penyelenggara. Selain Indonesia, turut hadir memberikan congratulatory remarks, Dubes Turki, H.E. Yasmine Eralp dan Konsul Kehormatan Meksiko, Mr. Reza Saboor. Seminar yang merupakan hasil kerjasama Kedutaan Korea dan UDSM tersebut, diselenggarakan untuk mendiseminasikan informasi mengenai MIKTA, peran, capaian dan tujuan ke depan MIKTA serta membahas mengenai diplomasi "middle power" di Afrika. 
Selain Seminar, acara tersebut juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan negara-negara anggota MIKTA, dimana KBRI Dar es Salaam berpartisipasi dengan menampilkan buku, brosur dan video untuk mempromosikan seni, budaya dan pariwisata Indonesia. (p/ab)