Dua Karya Sineas Indonesia Lolos Seleksi Festival Film Cannes 2016

By Admin


nusakini.com - Dua film karya dua sineas Tanah Air, lolos seleksi dua program dalam Festival Film Cannes 2016 yang digelar pada 11-22 Mei 2016. Film tersebut masing-masing adalah Marlina The Murderer in FourActs karya Mouly Surya dan Prejak: In The Year of Monkey garapan Wregas Bhanuteja.

Film karya Mouly jadi salah satu dari 15 bakal proyek film dari seluruh dunia yang terpilih masuk dalam program L'Atelier Cinefondation Festival Film Cannes.

"Setelah terseleksi dalam beberapaproject market serupa di Asia, project market milik Cannes ini akan menjadi pertama kalinya saya mempresentasikan proyek saya di Eropa," tutur peraih Sutradara Terbaik FFI 2008 itu dalam konferensi pers di auditorium Institut Francais Indonesia (IFI), Selasa (26/4/2016) sore.

Film yang nantinya dibintangi oleh artis peran Marsha Timothy tersebut memang masih dalam bentuk naskah dan baru akan diproduksi di Pulau Sumba pada Agustus hingga September 2016.

Proyek film ini sebelumnya juga berhasil masuk seleksi dan mendapat pendanaan dalam Asian Project Market (APM) di Busan International Film Festival 2015 dan Talents Tokyo 2015.

Sedangkan karya Wregas terpilih masuk program kompetisi film independen La Semaine de la Critique Festival Film Cannes 2016.

"Prejak dibikin Februari lalu di Yogya. Cuma dua hari shooting dan seminggu editing. Kami upload kewebsite-nya dan sebulan kemudiandikabarin film ini masuk. Kebahagiaan buat kami bisa terpilih di situ. Itu impian saya sejak kuliah. Di usia 23 tahun saya diberi anugerah, saya bersyukur. Saya enggak pernah menduga di usia sekarang bisa berangkat ke Cannes," tutur Wregas.(ab)