Dua Ginjal Pria Ini Akan Diangkat Karena Ukurannya Terlalu Besar

By Nad


nusakini.com - Internasional - Seorang pria dari Windsor, Inggris, akan menjalani operasi yang mengangkat kedua ginjalnya. Warren Higgs menyebutkan ia mengidak penyakit ginjal polikistik atau PKD. Penyakit ini mengakibatkan ginjalnya berkembang seberat 40kg.

Menurutnya, PKD telah beberapa kali membuat ia mengalami stroke dan juga aneurisma (penggelembungan pembuluh darah). Berdasarkan laman GoFundMe-nya, ia mengalami stroke hebat 15 tahun lalu, kemudian dilanjutkan oleh 6 stroke yang memperlemah tubuhnya.

Higgs yang berusia 54 tahun mengatakan bahwa ginjalnya sangat besar hingga menyulitkan ia bernafas. Ia merasa ginjalnya menekan paru-parunya.

PKD adalah penyakit yang menyebabkan kista tumbuh di ginjal. PKD disebut bisa mengurangi fungsi ginjal, namun hal ini tidak dialami oleh HIggs, fungsi ginjalnya masih normal, tetapi ukuran ginjalnya terus berkembang hingga akhirnya diperkirakan beratnya sekitar 30-40kg.

Menurut Higgs, kualitas hidupnya perlahan semakin berkurang seiring berkembangnya ginjalnya. Ia bercerita bahwa dulu ia sering bersepeda tetapi sekarang sudah tidak bisa lagi karena kondisinya yang semakin buruk.

Higgs dijadwalkan untuk menjalani operasi pada 12 Juli. Higgs harus melakukan pencucian darah seumur hidupnya setelah ginjalnya dioperasi. Ia merasa hal itu tidak apa-apa, asal kualitas hidupnya akan meningkat setelah ginjal raksasanya diangkat. Higgs juga diperkirakan akan menjalani sampai 4 operasi setelah operasi besarnya.

Higgs mengatakan ia berniat mendonasikan satu ginjalnya untuk diteliti lebih lanjut, lalu satunya lagi ingin dia bawa pulang sebagai 'kenang-kenangan'. (dd)