DRD-Disnakertrans DKI Gelar FGD di Balai Kota

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dewan Riset Daerah (DRD) bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang kajian kesiapan Pemprov DKI Jakarta dalam menyongsong bonus demografi di lantai 22, Gedung Blok G, Balai Kota.

Ketua DRD DKI Jakarta, Dadang Solihin mengatakan, piramida penduduk di Jakarta sebagian besar masuk dalam usia produktif. Karena itu, pihaknya tengah melakukan kajian agar Pemprov DKI mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) seiring kuantitas penduduk yang meningkat.

"DKI ini tolak ukur di Indonesia. Kita harus bisa memberikan peningkatan kualitas terhadap SDM. Terutama pemuda pemudi yang masih produktif," ujarnya

Ia meyakini, dengan adanya koordinasi yang kuat antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), kualitas SDM di Ibukota akan meningkat.

"Kita lihat koordinasi sudah mulai bagus. Kita harus tingkatkan terus koordinasi untuk kualitas lebih baik," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Disnakertrans DKI Jakarta, Andriyansyah menambahkan, pihaknya telah memanfaatkan bonus demografi yang terjadi di DKI Jakarta. Salah satunya dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada warga agar siap bersaing di dunia kerja.

"Sekitar 7.200 peserta sudah kita latih di tahun 2019. Ada juga yang kita arahkan untuk membuka usaha, lapangan kerja atau pengembangan kewirausahaan terpadu" tandasnya.