Dokter Peringatkan Bahaya dari "Crate Challenge" yang Viral di TikTok

By Nad

nusakini.com - Internasional - Tantangan terbaru di TikTok yang sedang viral meliputi peti susu, keseimbangan, dan rasa sakit akibat jatuh.

Dalam "milk crate challenge", yang dimulai di TikTok, partisipan harus menaiki peti-peti susu yang disusun dalam bentuk piramida. Mereka harus berusaha naik sampai ke atas dan turun lagi tanpa jatuh.

Ketika video-video yang menunjukkan orang-orang terpeleset dan jatuh mendapatkan jutaan penonton, dokter-dokter di Amerika Serikat memperingatkan warga mengenai cedera berbahaya yang bisa dialami oleh challenge tersebut.

Shawn Anthony, dokter bedah ortopedi di rumah sakit Mount Sinai, New York, mengatakan cedera yang dialami dari crate challenge tersebut bisa lebih parah dibandingkan jatuh dari tangga. Ia mengatakan sulit untuk mempersiapkan diri jika jatuh dari peti-peti susu tersebut, sehingga persendian mereka dalam bahaya yang besar.

Tenaga-tenaga kesehatan di Amerika Serikat memperingatkan orang-orang untuk memikirkan kembali keputusan mereka sebelum melakukan tantangan tersebut, mengingat rumah sakit di AS semakin penuh dan tenaga medis berkurang akibat pandemi.

"Milk crate challenge" ini adalah tantangan terbaru dari berbagai tantangan berbahaya lainnya yang viral di TikTok. Dalam beberapa bulan terakhir, aplikasi berbagi video tersebut melihat naiknya jumlah tantangan berbahaya seperti "blackout challenge", dimana anak muda didorong untuk menahan napas mereka hingga pingsan, dan Benadryl challenge, dimana anak muda sengaja mengonsumsi obat jenis antihistamine untuk berhalusinasi.

Dalam sebuah pernyataan mengenai tantangan terbaru ini, juru bicara Tiktok mengatakan mereka melarang semua konten yang mempromosikan dan mengglorifikasi tindakan-tindakan berbahaya. Mereka juga akan menghapus video mengenai hal-hal yang berbahaya. TikTok mengatakan mereka mengajak semua penggunanya untuk berhati-hati dalam berperilaku, baik di internet maupun di luar internet.