DMI Sumut Dilantik Jusuf Kalla, 10.739 Masjid di Sumut Harus Makmur

By Abdi Satria


nusakini.com-Medan-Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Muhammad Jusuf Kalla melantik pengurus Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sumut Periode 2019-2024, di Gelanggang Mahasiswa, Kampus UIN Sumut, Jalan Sutomo Ujung, Medan, Selasa (7/1). Para pengurus diharapkan segera bekerja dan bertugas memakmurkan masjid. 

"Saya ucapkan selamat, selamat bekerja dan melaksanakan tugasnya untuk memakmurkan masjid, mengurus rumah Allah adalah amal ibadah yang tinggi, membangunnya saja sudah memberikan manfaat yang besar untuk kita semua, apalagi bila kita merawatnya dengan baik," ujar Jusuf Kalla. 

Mantan Wakil Presiden RI dua periode tersebut pun mengapresiasi kepedulian Gubernur Sumut Edy Rahmayadi terhadap pembangunan masjid. Termasuk pembangunan masjid yang ada di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan. 

“Tadi Bapak Gubernur menyampaikan bahwa bulan depan masjid di rumah dinas beliau sudah bisa digunakan, saya apresiasi itu, dimana tak banyak pejabat pemerintahan yang mau membangun masjid di rumah dinas mereka," puji Jusuf Kalla. 

JK juga menyampaikan, hidup di negera yang mayoritas muslim dan damai adalah suatu berkah yang patut disyukuri. "Kita harus bersyukur karena Indonesia ini diberikan berkah dengan mayoritas muslim dengan kehidupan beragama yang damai, beberapa masjid dibangun lewat swadaya masyarakat, di dunia ini hanya ada dua yang melakukan itu Indonesia dan Pakistan, selebihnya di beberapa negara pemerintah lah yang membangun masjid," ujarnya. 

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang hadir bersama Wakil Gubernur Musa Rajekshah menyambut baik pelantikan pengurus DMI Sumut. Gubernur berharap kepada para pengurus yang baru dilantik untuk terus berupaya memakmurkan masjid. 

"Dengan dilantiknya pengurus DMI Sumut maka seharusnya 10. 739 masjid yang ada di 33 kabupaten/kota se-Sumut makmur. Makmurnya masjid akan membuat rakyat Sumut juga akan makmur. Dengan makmurnya rakyat Sumut, bermartabatlah Sumut ini. Sumut Bermartabat Indonesia pun akan maju," ujar Edy Rahmayadi. 

Edy juga mengharapkan agar masjid tidak hanya sekadar tempat beribadah, tetapi juga menjadi tempat menyelesaikan masalah umat. "Ke depanya, masjid merupakan tempat untuk melepas kekisruhan, menyelesaikan masalah umat, ke depan kita harap semua masjid menjadi tempat yang paripurna, sehingga maindset umat Islam bisa tertarik untuk meramaikan masjid," harap Gubernur Edy. 

Sementara itu, Pengurus DMI Sumut yang dilantik antara lain Irhamudin Siregar sebagai Ketua Umum DMI Sumut, Sulaiman Hasibuan sebagai Sekretaris dan Ahmad Sihombing sebagai Bendahara, serta jajaran pengurus lainnya. 

Turut hadir Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Rektor UIN SU Saidurrahman, dan Ketua PMI Sumut Rahmat Shah, serta undangan lainnya. 

Ketua Umum DMI Sumut Irhamudin Siregar mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua Umum PP DMI dan Gubernur Sumut pada acara pelantikan tersebut. "Terima kasih kami ucapkan sebesar-besarnya kepada Bapak Yusuf Kalla yang telah bersedia hadir pada hari ini, dan kepada Bapak Gubernur yang juga merupakan pembina kami, yang telah banyak memberi masukan dan arahan kepada kami. Ini amanah yang berat, masjid adalah tempat membina umat, ke depan ini adalah PR besar untuk kami," ujarnya. 

Tinjau Kantor PMI Sumut 

Usai acara pelantikan pengurus DMI Sumut, Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) menyempatkan diri berkunjung ke Kantor PMI Sumut, di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 37, Medan. 

Ditemani Ketua PMI Sumut Rahmat Shah, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wagub Sumut Musa Rajekshah, serta pengurus PMI Sumut, Jusuf Kalla meninjau ruang pengambil darah donor (Aftap) dan Laboratorium PMI Sumut. 

Pada kesempatan itu, Jusuf Kalla meminta pada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk membantu PMI Sumut dalam meningkatkan partisipan pendonor darah. Diharapkannya partisipan donor darah dari Sumut terus meningkat dan kembali meraih penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial (SLKS) bagi para Donor Darah Sukarela (DDS). 

"Saya berharap gubernur dapat membantu meningkatkan kembali partisipan Donor Darah Sukarela, agar Sumut kembali meraih penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial," ucap Jusuf Kalla. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama dengan Gubernur dan Wagub serta pengurus PMI Sumut. Setelah itu, Jusuf Kalla langsung menuju Bandara Kualanamu untuk kembali ke Jakarta. (p/ab)