Dituding Plagiat, Ini Komentar Afi Nihaya Faradisa

By Admin

Foto/Facebook Afi 

nusakini.com - Afi Nihaya Faradisa yang menjadi perbincangan publik karena tulisan-tulisannya di Facebook, belakangan ini kembali ramai diperbincangan gara-gara dituduh memplagiat tulisan orang lain.

Terkait adanya tuduhan seperti ini, awalnya siswi SMA ini tak ingin terlalu banyak berkomentar. Alasannya, dia merasa banyak orang-orang yang membenci dirinya yang bakal senang bila mentalnya turun di saat seperti ini.

"No comment sih ya. Kalau ngomong sekarang, saya takut salah. Tolong hormati keputusan saya," kata Afi, Kamis (1/6/2017).

Namun, Afi kemudian mengatakan akan memberikan penjelasan prihal perkara tuduhan plagiat itu. Namun penjelasan itu tak akan dipublikasikan untuk khalayak umum. Afi merasa ini adalah urusan orisinalitas tulisannya adalah urusan pribadi, bukan urusan publik.

"Saya akan membuat klarifikasi dengan diri saya sendiri secara pribadi, no blow up in public. Publik tidak perlu mengambil bagian dari hal ini, karena ini benar-benar hal yang pribadi dari diri saya," tutur siswi SMA Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur ini.

Afi menjelaskan dirinya mendapatkan inspirasi tulisan dari mana saja. Bahkan semua tulisan yang dia baca bisa menjadi masukan bagi karya-karyanya.

"Terlepas dari itu, pasti saya punya banyak inspirasi tulisan dari orang lain. Dan tidak ada orang yang paling menginspirasi. Semua yang saya baca menginspirasi," kata Afi.

Sebagaimana diketahui, di jejaring internet, muncul perbandingan tulisan Afi berjudul "Belas Kasih Dalam Agama Kita" yang diunggah di Facebook Afi pada 25 Mei 2017, disandingkan dengan tulisan "Agama Kasih" dari akun Facebook bernama Mita Handayani tanggal 30 Juni 2016. Namun demikian, perbandingan itu muncul dalam bentuk screenshot, tulisan itu tak ada di dinding akun Mita Handayani pada 30 Juni 2016. 

"Mita Handayani itu sebenarnya akun siapa?" kata Afi.

Dia mengaku pernah membaca tulisan dari Mita Handayani. "Dulu banget sih pernah. No more comment," tandasnya. (b/mr)