Dispora Sulsel Gelar Pelatihan Wasit dan Pelatih Petanque

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Dinas Kepemudaan dan Olahraga provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Pelatihan Wasit dan pelatih Petanque yang berlangsung di Hotel Denpasar, Senin (30/11). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka peningkatan kompetensi Tenaga Keolahragaan di Sulsel. 

Dalam sambutannya, Kepala Dinas kepemudaan dan Olahraga Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan dukungan pemerintah untuk cabang olahraga baru, petanque.

Selain itu, Dinas kepemudaan dan Olahraga Sulsel juga memberikan apresiasi kepada pengurus provinsi Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sulsel yang diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dalam kegiatan kepelatihan wasit dan pelatih.

"Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan profesionalisme dalam pembinaan dan pemerataan prestasi pada cabang olahraga petanque," kata Andi Arwin Azis.

Hal ini karena Petanque sebagai cabang olahraga baru dianggap cukup membanggakan secara organisasi dan prestasi.

"Dispora Sulsel selalu siap untuk meningkatkan prestasi olahraga di sulsel termasuk petanque", kata Andi Irwan Azis. 

Sementara itu, Wakil Ketua FOPI Sulsel, Nukrawi Nawir mengatakan untuk mendekatkan dan memperkenalkan cabang olahraga baru pentaque di kalangan para pelajar, saat ini tengah diterapkan pembinaan di sekolah-sekolah. 

"Pentaque tengah diterapkan di sekolah-sekolah untuk pengenalan dan pembinaan untuk para pelajar", kata Nukrawi Nawir.

Kegiatan Pelatihan Wasit dan pelatih Petanque ini diikuti oleh utusan dari 18 kabupaten kota se Sulsel yang berlangsung mulai 30 November hingga 02 Desember 2020.(ady)