Dishub Layani Rute Perjalanan Langsung ke Tiga Pulau

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mengoperasikan enam kapal untuk melayani tiga lintasan dari daratan Jakarta Utara menuju tiga pulau permukiman di Kepulauan Seribu.

Kepala Bidang Pelayaran Dishub DKI Jakarta, Renny Dwi Astuti mengatakan, ketiga lintasan tersebut yakni, Pelabuhan Muara Angke-Pulau Tidung PP, Pelabuhan Muara Angke-Pulau Pramuka PP, dan Pelabuhan Muara Angke-Pulau Sebira PP. Untuk masing-masing lintasan dilayani dua kapal.

"Kapal-kapal itu memang tidak bersandar di pulau-pulau lain selain pulau tujuan. Sudah beroperasi sejak Maret 2019, tiap kapal berkapasitas 48 penumpang," ujarnya

Renny mengatakan, untuk penyeberangan dari Pelabuahan Muara Angke ke Pulau Tidung maupun Pulau Pramuka keberangkatan dilakukan satu kali setiap hari yakni pada pukul 08.00 WIB.

"Kalau untuk tujuan Pulau Sebira keberangkatan kapal dilakukan dua kali dalam satu pekan yakni, di hari Rabu dan Sabtu. Sementara, untuk layanan rute sebaliknya ada di hari Kamis dan Minggu," terangnya.

Ia menambahkan, tarif perjalanan dari Pelabuhan Muara Angke menuju Pulau Tidung maupun Pulau Pramuka ditetapkan sebesar Rp 50 ribu. Sementara, untuk tujuan Pulau Sebira tarif berlaku Rp 70 ribu.

"Tarif itu juga berlaku sama untuk tujuan sebaliknya," tandasnya.(pr/kj/al)