Dishub Ingin Penggunaan Kendaraan Listrik Lebih Dioptimalkan

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menginginkan agar penggunaan kendaraan, khususnya transportasi umum dengan sumber energi listrik bisa lebih dioptimalkan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas udara di Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, saat ini sedang dilakukan uji coba operasi bus listrik oleh PT Transjakarta.

"Kami sedang uji coba, ada tiga unit mulai dari tipe besar, medium dan sedang," ujarnya

Menurutnya, perlu persiapan khusus dan matang untuk mengoperasikan kendaraan listrik di Jakarta. Sehingga, bukan hanya ramah lingkungan tetapi juga harus bisa melayani masyarakat dengan maksimal.

"Teknologinya harus proven dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai," terangnya.

Dijelaskannya, dalam uji coba tersebut hal-hal yang menjadi pertimbangan diantaranya, pembangunan titik-titik pengisian daya listrik yang harus mampu dijangkau, serta daya tahan tenaga listrik agar bisa memenuhi target layanan bus dalam satu hari.

"Kami akan melakukan persiapan secara matang dengan tentunya menyesuaikan kondisi Jakarta," ungkapnya.

Syafrin menambahkan, di Jakarta sudah ada 25 unit taksi bertenaga listrik. Berangkat dari hal itu, Dishub akan mengevaluasi dari sana untuk ditindaklanjuti dengan membuat langkah-langkah operasinya.

"Mereka sudah dapat uji tipe sebagaimana diatur dalam Undang Undang 22 Tahun 2009. Untuk bus sedang kita upayakan agar bisa ada keluar uji tipenya," tandasnya.