Diplomasi Bawang Merah, Kiat Menteri Amran Wujudkan Nawacita Jokowi-JK Hingga ke Timor Leste

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Kerja sama Indonesia-Timor Leste terus meningkat. Konsep Nawacita Jokowi-JK pun sudah diterapkan. Salah satunya oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman yang telah melakukan ekspor perdana bawang merah ke Timor Leste.

"Sejak tahun 2008 pemerintah Indonesia berkomitmen membangun dan mengembangkan sektor pertanian Timor Leste. Di antaranya melalui pengembangan alat mesin pertanian dan program peningkatan kapasitas peta", ungkap Menteri Amran pada pertemuan bersama Courtessy Call Menteri Pertanian Timor Leste di Kantor Pusat Kementan, Senin (18/12/2017)

Mentan juga menambahkan, pemerintah Indonesia juga bersedia membantu mengembangkan pertanian di Timor Leste secara total disemua sub sektor pertanian. Misalnya, kerja sama dalam pengembangan populasi ternak melalui teknologi inseminasi buatan.

"Dan bila dipandang perlu untuk memperluas cakupan wilayah kerja sama, Kementerian pertanian siap," tutur Menteri Amran.

Konsep Nawacita Jokowi-JK yang diterapkan Menteri Amran merupakan bentuk kerja nyata Kementan dalam mengimplementasikan pembangunan negara dari pinggiran. (p/ma)