Dinas PPAPP Sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Perempuan dan Anak ke 1.379 Sekolah

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta melakukan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, baik kepada sekolah maupun masyarakat.

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk meminimalisasi kekerasan terhadap perempuan dan anak sebagai dampak adanya pandemi.

Tuty menjelaskan, Dinas PPAPP dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta telah melakukan sosialisasi dengan melibatkan 1.007 sekolah umum dan 372 madrasah di Jakarta periode Juli sampai dengan September 2020.

Sosialisasi ini mencakup, penyebarluasan informasi dan materi seputar jenis tindakan kekerasan anak di lingkungan sekolah. Selain itu, peserta didik juga diajak berdiskusi melalui media Whatsapp ataupun surat elektronik untuk mencegah tindak kekerasan terhadap anak di sekolah.

"Diharapkan siswa tidak hanya mengerti jenis tindak kekerasan yang ada, tapi juga dapat mencegah dan melaporkan apabila melihat atau bahkan mengalami kekerasan terhadap pihak sekolah," ujar Tuty

Sosialisasi juga dilakukan secara daring kepada masyarakat umum yang ditayangkan melalui aplikasi Zoom, dan ditayangkan secara langsung di kanal Youtube dan Facebook Dinas PPAPP DKI Jakarta, dengan jumlah penonton sebanyak 12.197 orang.

"Gencarnya sosialisasi anti kekerasan secara daring ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya di DKI Jakarta untuk ikut bertindak nyata dalam mencegah dan melaporkan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di sekitarnya," tandas Tuty.