Dinas Lingkungan Hidup Terima Rekomendasi Kualitas Udara

By Admin


nusakini.com - Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta menerima rekomendasi untuk meningkatkan kualitas udara di Ibukota agar lebih baik lagi. Rekomendasi itu diterima dari hasil kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, United States For Environmental Agency (USEPA) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"DKI harus segera lakukan langkah-langkah umum seperti menerapkan kendaraan ramah lingkungan dengan menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG) pada bus Transjakarta dan kendaraan operasional," kata Ahmad Safrudin, Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) di Balai Kota DKI Jakarta

Sementara itu, Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Ali Maulana berjanji akan gencar mengurangi emisi dengan menggalakkan kembali penggunaan BBG. Bukan hanya pada bajaj, tapi juga kendaraan operasinal dinas.

"Jadi kendaran harus dikonversi ke BBG dan saya kira harus dimulai dari kendaraan dinas operasional di Dinas Lingkungan Hidup untuk jadi contoh. Kemudian baru seluruh kendaraan dinas operasional di Pemprov DKI Jakarta," ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini jumlah truk di Dinas Lingkungan Hidup ada 1.200 unit. Jumah tersebut belum termasuk kendaraan operasional lainnya serta alat berat yang bisa dikonversikan menggunakan BBG. Bersama dengan itu pihaknya juga akan memperketat pemberian izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dan uji emisi.

"Nanti akan dibuat secara sistem untuk memaksa pemilik kendaraan uji emisi. Jadi apabila ingin masuk gedung tidak ada uji emisi tidak boleh masuk," tandasnya.(pr/kj/al)