Dinas KPKP Siapkan Pembenihan dan Pendistribusian Benih Ikan

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Ketahanan Pangan Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta tahun mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk kegiatan pembenihan dan pendistribusian benih ikan di Ibukota.

Kepala Pusat Budidaya Konservasi Laut (PBKL) Dinas KPKP DKI Jakarta, Sartono mengatakan, tahun ini, target produksi benih ikan konsumsi air tawar sekitar 3 juta ekor. Sedangkan untuk benih ikan konsumsi air laut sebanyak 525.000 ekor.

Ia merinci, untuk produksi benih ikan air tawar seperti ikan lele dumbo, nila, mas dilakukan di Balai Benih Ikan (BBI) Cigantur, BBI Ujung Menteng, BBI Kalideres, BBI Ciracas dan UPT Pusat Produksi Inspeksi dan Sertifikasi Hasil Perikanan (PPISHP).

"Kalau benih ikan air di BBIL Pulau Tidung dan UPT PBKL. Tahun ini total anggaran untuk pembenihan dan pendistribusian Rp 2 miliar," ujarnya

Menurut Satono, benih ikan ini didistribusikan ke pembudidaya, kolam RPTRA, kolam sekolah dan penebaran di perairan umum. Hingga Maret 2019, pihaknya sudah melakukan penebaran benih ikan di lebih dari 10 lokasi.

"Kami bertugas menyiapkan benih ikannya. Bagi yang memerlukan benih, bisa ajukan permohonan ke suku dinas atau dinas," tandasnya.(pr/kj/al)