Dilantik, ESI Sulsel Segera Merangkul Komunitas Esports Di 24 Kabupaten/Kota

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Pengurus Esports Indonesia (ESI) Sulawesi Selatan resmi dilantik secara serentak bersama 33 pengurus provinsi seluruh Indonesia, Sabtu (14/3). Menurut Ketua ESI Sulsel, Brigjen TNI Wing Handoko, pihaknya segera bergerak membentuk kepengurusan daerah pada 24 Kabupaten/Kota di Sulsel.  

"Kami juga merangkul komunitas Esports di daerah ini. Ke depan, kami berharap bisa melahirkan atlet yang andal buat Sulsel dan Indonesia," kata Wing kepada awak media Makassar.

Menurut Wing, sebagai cabong olahraga, perkembangan Esports di Indonesia terbilang signifikan. Sejak kepengurusan pusat terbentuk pada Januari 2020, jumlah pemain Esports di Indonesia mencapai 60 juta orang. "Diproyeksikan pada 2025 nanti, pemainnya mencapat 120 juta orang." terang Wing. Dalam waktu dekat, sebagai cabang olahraga baru, pihaknya segera berkoordinasi dengan KONI Sulsel.

Pada kesempatan sama, Wakil Ketum KONI Sulsel, Ambas Syam mengapresiasi pelantikan pengurus yang berlangsung via teleconfrence. "Langkah ini sangat efisien dan kekinian. Saya yakin Esports bakal berkembang dengan cepat di Sulsel," tutur Ambas.

Ambas menambahkan bila prosesnya berjalan sesuai prosedur, Esports berpeluang jadi cabang eksebisi di Porprov 2022. "Kita ketahui bersama di level Asian Games, Esports sudah menjadi cabang eksibisi. Hasilnya Indonesia meraih perak," terang Ambas,

Sementara itu, Ketua Harian ESI Sulsel, Alton Annar Sampetoding menjelaskan pihaknya sementara ini menunggu arahan dari pengurus pusat terkait program seperti kompetisi. "Biasanya setelah Rakornas sudah ada kejelasan," kata Alton.(ab)