Difasilitasi oleh Indonesia, Resolusi PBB “Financial Inclusion for Sustainable Development” akan Disahkan Secara Konsensus

By Abdi Satria


nusakini.com-​New York-Delegasi Indonesia memfasilitasi negosiasi resolusi PBB berjudul “Financial Inclusion for Sustainable Development” yang isinya membahas peran inklusi keuangan untuk pembangunan berkelanjutan, Kamis (21/11).

Secara khusus, resolusi ini membahas, antara lain, bagaimana inklusi keuangan, sebagai tujuan kebijakan, dapat meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat karena berfungsi untuk mengidentifikasi dan mengatasi kesenjangan pembiayaan. 

Resolusi ini juga membahas inovasi digital di sektor keuangan (fintech), yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan akses layanan keuangan dan inklusi keuangan dengan cepat.

Dalam konteks ini, resolusi mendorong peningkatan praktik keuangan digital yang bertanggung jawab serta mendorong pengaturan regulasi yang sesuai. Selanjutnya, sebagai tahap akhir, rancangan resolusi ini akan disahkan pada tanggal 27 November 2019 di Komite Dua Majelis Umum PBB.(p/ab)