Diangkat Plt, Gubernur DKI dan Banten Resmi Cuti

By Admin


nusakini.com--Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan melangsungkan pengangkatan pelaksana tugas (plt) untuk Gubernur DKI Jakarta dan Banten di Ruang Sasana Bhakti Praja (SBP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (26/10) siang ini pukul 13.30 WIB. 

"Rabu siang pengesahan dua Plt (Gubernur). Untuk Plt DKI Jakarta, itu Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Soemarsono dan Plt Banten, Rano Karno," ucap Mendagri Tjahjo Kumolo dalam pesan singkatnya. 

Dengan diangkatnya para pelaksana tugas, maka para gubernur aktif sekarang yakni Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama dan Gubernur Banten Rano Karno sudah mulai terhitung memasuki masa cutinya selama 4 bulan ke depan. 

Acara pengangkatan plt tersebut juga turut mengundang para gubernur, wakil gubernur beserta isteri, Plt gubernur beserta istri, Pimpinan DPRD, sekda, bupati, wali kota serta Forkompimda lain. 

"Semua SK sudah saya tandatangani. Surat laporan kami kirimkan ke Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden, Menko Polhukam, Mensesneg, Seskab, Kepala Staf Kepresidenan dan Menkum HAM," ujar Tjahjo. 

Tjahjo menuturkan, tugas Plt adalah melaksanakan tata kelola pemerintahan, menjaga hubungan pemerintah pusat dan daerah dengan baik, menjaga stabilitas daerah bersama Forkompimda. 

Selain itu mereka juga harus menjalin hubungan bersama tokoh masyarakat adat, tokoh agama, ormas-ormas, parpol, dan mensukseskan pilkada dengan aman demokratis.(p/ab)