Di Tengah Ekonomi Sulit, PTPN V Bukukan Laba Rp112 Miliar

By Admin

PEKANBARU - PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) mengungkapkan telah berhasil membukukan laba sebesar Rp112 miliar pada tahun 2015.

"Di tengah kondisi ekonomi yang sulit, PTPN V masih mampu memberi kontribusi laba sebesar Rp. 112 miliar," ungkap Direktur Utama PTPN V yang baru Berlino Mahendra Sentosa, menggantikan Amal Bakti Pulungan, saat pisah sambut, Jumat, (5/3/2016) di Pekanbaru.

Berlino menjelaskan banyak prestasi besar yang diraih PTPN V tahun lalu dimana kepemimpinan lama, misal rata-rata produktiftas Tandan Buah Segar (TBS) sawit PTPN V mencapai 19,12 ton/Ha tahun lalu. "Ini produksi tertinggi sejak perusahaan ini berdiri," tuturnya.

Lalu sambung Berlino, produktifitas TM I Kelapa Sawit sebanyak 14 ton/Ha, menjadikan protas TM I. "Kita juga tertinggi se-PTPN di Indonesia," bebernya.

Hal yang sama juga terhadap Harga jual CPO dan PKO, dan sebagainya. Berlino Mahendra Sentosa menyatakan akan terus berupaya melakukan program-program yang dicanangkan Dirut sebelumnya. Seperti peremajaan areal tanaman sebanyak 8 persen pertahun, serta program kerja lain yang masih cocok.

"Melakukan penajaman-penajaman strategi, terutama di bidang sumber pendanaan.  Insha Allah, tahun 2017 kami akan melaksanakan Initial Public Offering," ujar Berlino.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Amal Bakti Pulungan dan Suharjoko atas dedikasi selama menjabat di Perusahaan. Berlino juga berpesan untuk menjaga kesehatan dan menjalin silaturrahim dengan keluarga PTPN V.

Sedangkan kepada Direksi Baru, yakni Direktur Produksi Balaman Tarigan, yang sebelumnya menjabat Komisaris Perusahaan, serta Direktur Keuangan Mohammad Yudayat, Berlino meminta agar mereka dapat menjadi dream team seperti yang dibangun Dirut sebelumnya.

"Mari kita bentuk dream team yang dapat meneruskan prestasi yang sudah diraih Direksi sebelumnya. Dan mari bersama-sama kita meningkatkan kinerja demi kemajuan dan keberlangsungan Perusahaan yang kita cintai ini," tutupnya.

Mantan Direktur Utama PTPN V Amal Bakti Pulungan juga menyampaikan terimakasihnya atas kerjasama dan dukungan selama dia menjabat. Menurutnya, Prestasi Perusahaan yang diraih sepanjang masa dinasnya adalah berkat kerjasama dan dukungan dari seluruh keluarga besar PTPN V.

"Untuk itu, pencapaian-pencapaian tersebut tidak akan terjadi tanpa ada support dari Dewan Komisaris serta kerjasama yang baik dengan rekan-rekan Direksi serta seluruh keluarga besar PTPN V," tambahnya. (sr)