Di South Sulawesi Digifest 2021 Danny Paparkan Smart City Sebagai Transformasi Digital

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Walikota Makassar Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto tampil sebagai pembicara pada kegiatan Makassar kolaborasi pentahelix dalam akselerasi ekonomi dan keuangan digital Sulawesi Selatan.

Talkshow ini merupakan rangkaian acara South Sulawesi Digital Festival 2021 yang digelar Bank Indonesia di Upper Hills. Jalan Metro Tanjung Bunga. Jumat (9/4/2021) 

Dengan Tema "Accelerating The Post Covid Economic Recovery Through Digital Transformation In Eastern Indonesia" 

Dihadapan peserta talk show Danny menjelaskan pemerintah kota Makassar sudah sejak lama telah menerapkan transformasi digital dalam meningkatkan  pelayanan kepada Masyarakat 

"Sejak tahun 2014 pemerintah kota telah melakukan kebijakan transformasi digital dari cara konvensional menjadi digitalisasi melalui program Smart City" ucap Danny 

Dalam menjalankan program Smart City kata Danny, dirinya menjalankan konsep yang berbeda, yaitu dengan melihat kultur orang Makassar yang sombere.

"Dalam menjalankan program Smart City kita kombinasikan dengan kultur orang Makassar dengan konsep Sombere city, agar dalam menjalankan program, warga kita tidak merasa asing dengan istilah sombere, sehingga Transformer digitali ini gampang di jalankan," jelas Danny 

Kata Danny hal tersebut bisa dijadikan perbandingan kebijakan sejak tahun 2016, banyak hal yang menjadi progres hasil dari smart city.

"Dulu waktu masih konvensional belum ada smart city dari analisis kita, PAD kota Makassar hanya sebesar 500 milyar, setelah kita terapkan transformasi digital dengan Smart City PAD meningkat menjadi 1,4 trilyun, semua diukur mulai dari indeks perkotaan dan indeks ekonomi," terang Danny.

Sementara itu Prof H. Marsuki Komisaris Independen Bank Sulselbar yang juga tampil sebagai salah satu narasumber, berharap masyarakat terus didorong untuk melakukan pembayaran secara digitalisasi 

Di Sulsel hampir 90 persen digitalisasi jadi alat otoritas dan kita harap pemerintah berkolaborasi dalam pentahelix untuk mendorong masyarakat kita khususnya kelas ekonomi melakukan transaksi secara digital,"ucap Marsuki.

Diakhir acara talkshow di deklarasikan komitmen kolaborasi Pentahelix dalam akselerasi ekonomi keuangan digital Sulsel., serta penyerahan cendramata berupa Marchandise dari Bank Indonesia.(yat)