Di Rakortek, Mendagri Ajak Daerah Wujudkan Infrastruktur Berkualitas

By Admin

nusakini.com--Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menekankan pemerintah daerah untuk terus melakukan sinergi dengan pemerintah pusat. Hal ini menurut Mendagri guna mendorong percepatan target pembangunan nasional serta untuk mewujudkan pembangunan yang berkualitas. 

“Program strategis di tingkat pusat harus menyentuh daerah serta begitu pula sebaliknya, daerah harus mendukung program strategis di pusat,” ungkap Mendagri dalam arahannya di Rapat Koordinasi Teknik di Makassar, Selasa (28/2). 

Mendagri mengajak setiap daerah untuk bersama-bersama memperkuat pembangunan nasional dengan mewujudkan pembangunan infrastruktur yang mampu memberikan daya ungkit sektor-sektor unggulan di daerah. Pembangunan infrastruktur yang berkualitas tentu akan berujung pada kesejahteraan masyarakat. 

“Tanpa infrastruktur yang memadai dan berkualitas, mustahil target pembangunan tercapai,” ungkap Mendagri. Mendagri berharap dalam Rakortek ini setiap perencanaan teknis yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah adanya pengendalian yang baik terhadap anggaran dan pelaksanaan pekerjaan. 

“Saya berharap hasil dari Rakortek ini dapat menjadi pedoman bagi penyelarasan dokumen rencana pembangunan nasional dengan dokumen rencana pembangunan daerah, sehingga program nasional yang telah direncanakan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia dalam Nawa Cita dapat terimplementasi mulai dari tingkat Nasional hingga Desa,” tutur Mendagri.(p/ab)