Di Makkah, Menag Cek Kantor Daker dan Pemondokan Haji 2019

By Abdi Satria


nusakini.com-Makkah -Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tampak berbincang dengan Hasan Al Pakistani, Selasa (30/04) pagi Waktu Arab Saudi, di Makkah. Hasan adalah mandor yang mengawasi Kantor Daerah Kerja (Daker) yang saat ini sedang di renovasi.  

Kantor Daker yang akan menampung petugas yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 1440H/2019M ini berada di wilayan Aziziyah. “InsyaAllah dua bulan mendatang, gedung kantor ini sudah siap ditempati oleh petugas untuk melayani jemaah,” tutur Menag yang mengenakan kemeja putih dan sarung batik khasnya. 

Sebelumnya, Senin (29/04) kemarin, Menag bersama dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani serta Menkes Nila F. Moeloek juga berkesempatan melihat salah satu pemondokan di Makkah.  

Ketiga menteri berkunjung ke Hotel Retaj Royyan yang berada di daerah Raudhah. Hotel 21 lantai dan berkapasitas 3.163 orang ini akan ditempati jemaah dari Embarkasi Palembang (PLM) dan Jakarta Pondok Gede (JKG).  (p/ab)

Pada tahun ini, pemondokan di Makkah terbagi dalam tujuh zonasi sebagai berikut:  

1. Syisyah: Embarkasi Aceh (BTJ), Medan (KNO), Batam (BTH), Padang (PDG), dan Makassar (UPG) 

2. Raudhah: Embarkasi Palembang (PLM) dan Jakarta – Pondok Gede (JKG) 

3. Misfalah: Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS) 

4. Jarwal: Embarkasi Solo (SOC) 

5. Mahbas Jin: Embarkasi Surabaya (SUB) 

6. Rei Bakhsy: Embarkasi Banjarmasin dan Balikpapan 

7. Aziziah: Embarkasi Lombok (LOP)