Di Makassar, Beberapa Masjid dan Kampus Bakal Gelar Shalat Gerhana

By Admin


MAKASSAR – Di kota Makassar, beberapa masjid dan kampus dijadwalkan melakukan shalat Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 sebagai salah satu sunnah Nabi Besar Muhammad SAW.

"Kami mengajak seluruh jamaah dan civitas akademika kampus untuk ikut serta menunaikan shalat gerhana matahari yang akan terjadi pada Rabu nanti," ujar Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar H Irwan Akib melalui keterangan persnya, Minggu 6/3/2016).

Menurut Irwan pelaksanaan shalat gerhana dilakukan di Masjid Subulus Salam Kampus Unismuh sekira pukul 7.25-9.30 Wita dengan Imam sekaligus Khatib H Abbas Baco Miro. Sementara di Masjid Al Markas Al Islami juga akan dilaksanakan salat Gerhana Matahari juga sekitar pukul 08.00-09.00 Wita dengan Imam dan Khatib H Maskur Yusuf.

"Kami juga mengajak seluruh jamaah masjid untuk ikut bersama-sama melaksanakan salat Gerhana Matahari sebagaimana sunna Rasulullah SAW," ujar panitia masjidn Prof Ali Parman.

Selain di Masjid Al Markas, pelaksanaan shalat Gerhana Matahari Total juga dilakukan panitia Masjid Al Ihktiar Unhas di jalan Sunu Makassar dengan Imam Ustas Wahyudi sementara materi Khutbah dibacakan Ustas Jamaluddin.

Pemerintah Kota Makassar memusatkan shalat Gerhana Matahari di Masjid Terapung, Amirul Mukminin Pantai Losari sekitar pukul 7.30-9.00 Wita. Para jamaah disarankan menggunakan baju putih-putih saat pelaksanaan shalat sunnah tersebut.

"Kami mengajak seluruh warga kota yang beragama islam untuk ikut bersama-sama ikut shalat Gerhana Matahari pada Rabu pagi nanti," kata Humas Pemkot Makassar Firman H Pangarra. (mk)