Di Hari Ibu, Pemkab Purwakarta Luncurkan Ambulans Khusus Lansia

By Admin

nusakini.com--Pemkab Purwakarta meluncurkan program ambulans dan dokter siap bertepatan dengan Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember ini. Fasilitas medis itu khusus bagi para ibu yang sudah lanjut usia (lansia). Ada 10 ambulans lengkap dengan dokternya siap melayani warga Purwakarta tersebut. 

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengatakan, ambulans tersebut telah dilengkapi dengan nomor telepon khusus yang tertera dalam stiker tersebut. Selain ambulansnya, stiker itu juga telah dipasangkan di masing-masing rumah para lansia tersebut. Sehingga, bila terjadi sesuatu yang sifatnya gawat darurat, keluarga ataupun tetangga bisa langsung menghubungi nomor kontak ambulans tersebut. 

"Di Hari Ibu ini, kami ingin memberikan layanan cepat bagi ibu-ibu yang sudah lansia," ujar Dedi, Kamis (22/12).  

Menurut Dedi, dengan adanya fasilitas ini, maka para ibu-ibu lansia ini akan mudah dilayani petugas medis. Misalkan, tiba-tiba mereka jatuh sakit, perlu pertolongan oleh medis, maka ambulans dan dokternya akan mendatangi rumah pasien tersebut.  

Cukup dengan telepon nomor yang sudah tertera, maka ambulans siap meluncur. Dengan begitu, pertolongan terhadap pasien bisa langsung cepat. Bahkan, layanan ini digratiskan. "Layanan ini, sudah terintegrasi ke setiap desa," ujar Dedi. 

Menurut Dedi, sampai saat ini Purwakarta sudah memiliki 117 ambulans. 100 ambulans sudah disebar ke masing-masing desa. Lalu, 17 ambulans lagi merupakan ambulans khusus pasien sakit jiwa. Untuk tahun depan, akan ditambah lagi 100 unit ambulans. Sehingga, totalnya sampai 217 ambulans. (p/ab)