Di Amerika, Menteri Susi Tegaskan Pentingnya Penangkapan Ikan yang Bertanggungjawab

By Admin



Nusakini.com - BOSTON – Dalam Pameran makanan laut di Boston, AS, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti berkesempatan berkunjung untuk dapat melihat lebih dekat situasi pameran tersebut. Menteri Susi berharap para pengunjung dan calon pembeli produk perikanan dapat melihat situasi pasar dan potensi Indonesia.

 

"Dengan kencangnya kita memerangi penangkapan ikan secara ilegal, tak dilaporkan dan melanggar aturan, mereka akan melihat pertumbuhan produk perikanan kita tumbuh sangat pesat," kata Menteri Susi, Minggu (6/3/2016).

Di samping itu, Susi juga ingin  mendapat langsung masukan yang berharga baik dari peserta pameran maupun pengunjung ke pameran tersebut sehingga Indonesia akan dapat terus meningkatkan ekspor produk-produk kelautan dan diperhitungkan oleh dunia.

"Saya juga berharap pengusaha perikanan Indonesia terus melakukan penangkapan ikan secara bertanggungjawab," kata Susi. Tidak sekadar jualan tapi juga menangkap ikan dengan cara yang benar dan tidak melanggar program IUU (Illegal, unreported, and unregulated).

Susi juga berharap para pengusaha Indonesia untuk terus mengembangkan industri perikanan dengan memperhatikan cara-cara yang ramah lingkungan.

"Saya melihat peluang ekspor produk kelautan bagi pengusaha Indonesia bagus kendati masih ada kendala yang harus dihadapi tapi persoalan itu pasti dapat diselesaikan oleh masyarakat perikanan Indonesia," katanya.

Susi juga meyakinkan para peserta pameran dari Indonesia bahwa penertiban penangkapan ikan secara ilegal akan membuka pasar lebih besar karenanya pengusaha perikanan diminta selalu mengikuti aturan main di dunia.

"Para pengusaha perikanan Indonesia diminta untuk melakukan penangkapan ikan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan," kata Susi. (mk)