Dhany Minta Pemanfaatan Lahan Kosong untuk Urban Farming Lebih Dimasifkan

By Al


nusakini.com - Jakarta - Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma, menginstruksikan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) memanfaatkan lahan kosong aset milik pemerintah untuk aktivitas urban farming, guna mewujudkan ketahanan pangan perkotaan.

Ia mengungkapkan, Sudin KPKP dapat menanam sejumlah tanaman di antaranya cabai, bawang serta tanaman hidroponik jenis lainnya pada sejumlah lahan aset Pemda yang sudah ditertibkan dan dikosongkan.

"Daripada lahan aset Pemda yang sudah ditertibkan dan dikosongkan tidak terurus dan terawat, saya instruksikan jajaran Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) memanfaatkannya menjadi lahan pertanian perkotaan,," ujar Dhany

Kepala Seksi (Kasie) Sudin KPKP Jakarta Pusat, Astri Ilhamsyah mengungkapkan, pihaknya siap menindaklanjuti instruksi wali kota Jakarta Pusat berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah lainnya.

"Prinsipnya kami siap memanfaatkan lahan kosong menjadi pertanian perkotaan sesuai desain penataan yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah memanfaatkan sejumlah aset lahan kosong di Jakarta Pusat yang merupakan aset Pemprov DKI dan pemerintah pusat menjadi urban farming dengan menanam tanaman hidroponik dan budidaya ikan.

"Lahan kosong yang sudah dimanfaatkan di antaranya di depan Rusunami Grand Pramuka dan Kebon Kosong," ungkapnya.