Deputi PSDM GenBI Wilayah Sul-Sel Gelar GenBI Sans

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) merupakan divisi yang fokus mewadahi dan memfasilitasi peningkatakan kapasitas (capacity building) anggota GenBI Wilayah Sulawesi Selatan. Olehnya itu divisi ini mengusung program kerja GenBI SANS (Skills & Creativity Series) dengan tema “Develop Your Skills & Creatifity Trought GenBI SANS”. Dilaksanakan 2 hari via zoom pukul 09.30 WITA sampai selesai, Sabtu-Ahad (21-22/08/2021).

Pada hari pertama terdapat kelas menulis ilmiah (Scientific Writing Class) dan kelas menulis kreatif (Creative Writing Class) Yang dibagi menjadi dua breakout room.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring tersebut dihadiri Aumi Angreny selaku Pembina GenBI wilayah Sul-Sel yang membuka acara secara resmi. 

Dalam pembukaan kegiatan diawali dengan laporan ketua panitia yang mengemukakan harapannya atas terlaksananya kegiatan ini. 

“Harapannya melalui kegiatan ini teman-teman dapat menambah pengetahuan dan melatih soft skill serta meningkatkan kreatifitasnya dalam mengembangkan minat dan bakat sesuai dengan kelas yang diikuti” kata Annisa dalam laporannya.

Shinta Dewi Sugiharti Tikson, S.E., M.MGT. pemateri dalam kelas kreatif menjelaskan materi terkait bagaimana konsep dan tehnik menulis essay dengan baik. Sedangkan dalam kelas menulis kreatif Siauw Andreas selaku pemateri menjelaskan secara rinci tentang CoppyWriting.

Pada hari ke-dua untuk Social-Creative Class terbagi menjadi dua kelas yaitu Public speaking Class Dan content creation Class.

Program kerja ini merupakan program kerja gabungan yang bertujuan menambah pengetahuan dan melatih softskill serta tingkat kreativitas anggota GenBI dalam mengembangkan minat dan bakatnya dalam Public Speaking dan Content Creative.

Wahyunur selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan level up dari proker komisariat UNHAS, UNM, dan UINAM.

“Program kerja ini adalah lanjutan dari program kerja dari komisariat UNHAS, UNM, dan UINAM yang sebelumnya telah melakukan proker terkait pengembangan capacity building di bidang public speaking dan content creative, nah ini merupakan level up dari proker tersebut. Dalam kegiatan kali ini kita akan lebih jauh membahas materi sebelumnya” Ujarnya. 

Kemudian ketua GenBi wilayah Sul-Sel dalam hal ini Baso Patisangguru dalam sambutannya mengatakan bahwa di era digital saat ini skill public speaking dan content creator sangat penting.

“GenBI Sans sangat luar biasa karena materi public speaking dan content creator itu sangat dibutuhkan pada era digital saat ini. Banyak leader yang tampil di media dan itu membutuhkan skill public speaking. Saya harap teman-teman yang mengikuti kegiatan ini bisa mengambil ilmu dari pemateri yang sangat luar biasa ini” kata Baso.

Dalam kelas public speaking, Rizky Fauzi Latif memaparkan materi terkait Skill Presentation, Smart PPT, serta hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam public speaking. Begitupun dengan pemateri Olivina Maskan dalam kelas Content Creator yang menjelaskan secara detail tentang content creation 101.

Setelah pemaparan materi dari kedua kelas tersebut, dilakukan Tanya jawab bagi para peserta. Kemudian pemberian kuis sebagai penutup dari kedua kelas tersebut dan diakhiri dengan penutupan oleh Mc.(rilis)