Demi Stabilkan Harga Selama Ramadan, Pemerintah Impor 10 Ribu Ton Daging

By Admin

nusakini.com--Pemerintah telah memutuskan akan mengimpor 10 ribu ton daging guna pemenuhan kebutuhan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Sudah (keputusan impor). Untuk daging 10 ribu ton," ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Istana Negara Jakarta, Senin (30/5).

Harga daging sapi di pasaran hingga hari ini masih di kisaran Rp130.000-Rp120.000 per kilogram. Sementara instruksi Presiden Joko Widodo, meminta untuk turun hingga kisaran Rp80.000.

Sementara untuk impor kebutuhan pokok lainnya, seperti jagung maupun daging dan kebutuhan pangan lainnya, impor dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun akan dibicarakan terlebih dahulu, seperti apa teknis dan mekanismenya.

"Nanti kita tindak lanjut rapat koordinasi di Kantor Kementerian BUMN. Kemudian besok kita bahas bersama, tiga kementerian kemudian eselon 1 dan eselon 2," jelas Amran.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, impor hanya untuk jenis daging tertentu. Darmin mengatakan, dengan impor daging khusus ini, harga dapat ditekan di kisaran Rp80.000 – Rp85.000 per kilogram. (v/ab)