David De Gea Naik Peringkat 'Clean Sheet' Sepanjang Masa Man Utd

By ommed


nusakini.com - David de Gea naik satu peringkat di daftar clean sheet Manchester United sepanjang masa menyusul kemenangan 1-0 melawan West Ham pada akhir pekan kemarin.

Di pertandingan Liga Primer Inggris yang ke-22 bagi tuan rumah, Setan Merah arahan Ralf Rangnick membutuhkan masa injury time babak kedua untuk mencetak gol penentu lewat pemain pengganti Marcus Rashford.

De Gea kini melampaui capaian legenda United Gary Bailey, yang dalam beberapa waktu belakangan memantau situasi terkait clean sheet ini.

Bailey bahkan sempat berkicau di Twitter dengan mendoakan De Gea bisa melewati rekornya jelang laga kontra Wolves dan Aston Villa, yang berakhir mengecewakan karena The Red Devils kebobolan.

Akan tetapi, pertandingan akhir pekan kemarin terbilang bersejarah lantaran sebuah clean sheet memastikan De Gea mengklaim posisi ketiga dalam daftar sepanjang masa klub.

Kiper internasional Spanyol itu, yang melewati catatan penampilan sepanjang masa Mark Hughes di laga kontra Brentford, sekarang berjarak 18 clean sheet untuk menyamai rekor 180 laga tak kebobolan yang dimiliki Peter Schmeichel.

Di gelaran musim ini, De Gea telah mengukir tujuh clean sheet - saat tandang ke Wolves (1-0), Tottenham (3-0), Villarreal (2-0) dan Norwich City (1-0) serta di laga kandang melawan Crystal Palace (1-0), Aston Villa (1-0, Piala FA) dan terakhir West Ham (1-0).

Sementara itu, kiper yang capaiannya dilewati De Gea, Bailey, pernah sembilan tahun memperkuat United antara 1978 dan 1987, dengan ia memenangkan dua Piala FA dan satu Charity Shield. Ia mencapai 161 clean sheet dalam 375 penampilan, menjadi catatan terbaik kedua bagi orang Inggris di klub setelah Alex Stepney.

Sedangkan Stepney memiliki 175 clean sheet yang diakumulasi dari 539 penampilan selama 13 tahunnya bersama klub antara 1966 dan 1979.

Dengan De Gea yang masih berusia 31 tahun, posisi pertama yang dipegang Shcmeichel jelas ada dalam genggaman dan itu semua tinggal menunggu waktu. (gi/om)