Dapat Bimbingan Perkawinan di KUA, Ini Kata Catin di Manokwari

By Abdi Satria


nusakini.com-Manokwari- Senyuman tampak tersungging di wajah Satria (27) dan Nur Aini (25) saat keluar dari ruang Balai Nikah Kantor Urusan Agama (KUA) Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Keduanya baru saja mendapatkan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Calon Pengantin (Catin). Ini merupakan salah satu program unggulan KUA.

"Alhamdulillah senang sekali. Banyak ilmu baru yang saya dapatkan," ungkap Satria sambil tersenyum, Senin (27/6/2022).

Pada kesempatan itu, Satria dan Nur Aini mendapatkan bekal keluarga sakinah. Bersama calon pengantin lain, ia juga menerima simulasi bagaimana menghadapi konflik dalam rumah tangga.

"Sangat bersyukur. Di usia saya sekarang, ini ilmu baru yang saya dapatkan. Sebelumnya tidak pernah tahu," tambahnya.

Senada dengan Satria, Nur Aini tersenyum saat ditanya kesan usai mendapatkan Bimwin dari Kepala KUA Distrik Manokwari Barat, Purnomo. "Kami diberi wawasan, keterampilan, dan simulasi tentang kiat rumah tangga sakinah dan antisipasi perceraian," terangnya.

Keduanya mengaku mendapatkan bekal ilmu rumah tangga meliputi kiat mencari jodoh yang baik, pentingnya iman dan takwa sebagai bekal rumah tangga, serta peran kesabaran dan saling pengertian sebagai obat ketika terjadi konflik rumah tangga.

"Sangat berkesan dan bermanfaat. Semoga program ini terus dilaksanakan Kemenag melalui KUA," harap Aini.(rls)