Dalami Inovasi Kebijakan Publik, Sesparlu Kemlu Kerja Sama dengan Maryland University

By Admin

nusakini.com--Sekolah staf dan pimpinan Kementerian Luar Negeri (Sesparlu) angkatan ke-54, yang mulai berlangsung sejak Februari 2016, mengakhiri rangkaian kegiatannya dengan program pelatihan inovasi kebijakan di sektor publik bekerja sama dengan Maryland University, Maryland selama sepekan ini.  Program ini mendapatkan dukungan penuh dari KBRI Washington. 

Selama mengikuti program para peserta Sesparlu selain mengikuti kegiatan kelas dengan para akademisi Maryland University, juga bertemu langsung dengan pengambil kebijakan dari kalangan pemerintah (Kemlu, Kantor Presiden, dan Kongres AS), organisasi internasional (Bank Dunia dan USAID) serta pusat-pusat pengkajian di Amerika Serikat (Brookings dan CSIS).  

Sesuai dengan tujuan Sesparlu yang merupakan pendidikan berjenjang diplomat untuk tingkat senior sebagai calon pimpinan, maka muatan pendidikan fokus pada kepemimpinan dan pengambilan keputusan strategis. 

Direktur Sesparlu, Odo Manuhutu menyampaikan bahwa peserta Sesparlu dapat belajar dari berbagai pendekatan dan inovasi kebijakan dari berbagai pengambil kebijakan publik. Inovasi dalam sektor publik pada saat ini merupakan sebuah keniscayaan karena tuntutan masyarakat yang tinggi terhadap pemerintahan. Berbagai tantangan yang muncul memerlukan terobosan pengambilan keputusan. Para peserta diharapkan nantinya dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari program ini di dalam lingkungan kerja masing-masing.(p/ab)