Coba Berikan Shaqiri Peran Penting di Liverpool (Opini)

By Ahmad Rajendra


Penulis :Ahmad Rajendra Paturusi (Pelatih Bank Sulselbar FC Berlisensi C Diploma PSSI/AFC) 

Nusakini.com--Makassar--BEREDAR kabar Philippe Coutinho pemain Barcelona yang sedang dipinjamkan ke Bayern Munich,memohon ke mantan klubnya Liverpool untuk merekrutnya kembali.Coutinho gagal menemukan performa terbaiknya selama meninggalkan The Reds,terbaru Munich berencana memperpanjang masa peminjamannya hanya dua bulan saja untuk digunakan pada laga sisa Liga Champions Eropa musim ini.

Saat ini Liverpool memiliki empat pemain sekaligus bergaya serupa seperti Adam Lallana,Takumi Minamino,Alex Oxlade Chamberlain dan Xerdan Shaqiri.Menariknya keempatnya bukan pilihan utama pelatih Juergen Klopp di lini tengah.


Mengusung taktik counter pressing atau gegenpressing yang mengharuskan tim untuk memenangkan bola sesegera mungkin,membuat Kloop menempatkan tiga pemain berkarakter agresive di lini tersebut yaitu Jordan Henderson,Giorgino Wijnaldum dan Fabinho.Bahkan bila satu diantara mereka tak bisa bermain, Klopp memilih Naby Keita atau James Milner untuk menggantikannya. 

Namun andai harus menyimpan satu diantaranya dan bermain dengan satu playmaker,Mengapa Klopp tak mencoba memberikan peran penting tersebut Kepada Shaqiri ?


Minamino atau Shaqiri

Sudah sangat jelas Klopp sangat menyukai pemain pekerja keras.Sadar lini tengahnya juga butuh kreasi berbeda,pada Januari lalu dirinya merekrut Minamino dari Red Bull Salzburg.


Minamino memiliki skill dan daya juang tinggi khas kesatria Jepang,ditambah insting ketajaman dalam mencetak gol.Itulah yang membuat Klopp mungkin tertarik merekrutnya.

Namun jangan lupakan Shaqiri,para penggemar Liverpool pasti tau pemain ini sering membuat gol yang spektakuler.Meski berpostur kecil,termasuk sulit untuk merebut bola dari kakinya.Bila lawan berhasil,Shaqiri selalu langsung menekan dan bertanggung jawab merebut kembali bola tersebut.

Menyerang dan Bertahan Sama Baiknya

Memainkan Shaqiri bisa memberi keuntungan tambahan buat tim.Ia memiliki kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya.Didukung stamina yang bagus,Klopp tak perlu takut pemainnya tersebut kedodoran di tengah pertandingan.

Dengan begitu,bisa membantu mengakomodir strateginya yang meminta pemainnya untuk bermain dengan tempo tinggi sampai akhir pertandingan.


Tapi apabila Liverpool akan memulangkan Coutinho atau mengurangi pemain bertipe playmaker di lini tengah untuk mendatangkan Striker,Shaqiri sebaiknya meninggalkan The Reds.Sevilla menjadi klub yang sangat tertarik merekrutnya,disana Ia juga bisa bermain lebih sering ketimbang menunggu Klopp merubah taktik.