Cina Dukung Pengambilalihan Afganistan oleh Taliban

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pada hari Senin (16/8), pemerintahan Cina mengatakan mereka berharap Taliban akan mendirikan struktur politik yang akan menjadi pondasi perdamaian yang bertahan lama di Afganistan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Hua Chunying, mengatakan kepada wartawan bahwa mereka menginginkan Taliban untuk menghapus semua bentuk terorisme dan tindakan kriminal dan juga menjaga warga Afganistan dari perang serta membangun kembali negara mereka.

Taliban mendeklarasikan kemenangan di Afganistan setelah mereka mengambil alih kendali di ibukota Kabul dan Presiden Ashraf Gani kabur dari negara tersebut pada hari Minggu (15/8). Kemenangan ini menandakan pengembalian kekuasaan kepada kelompok militan Islam ini, 20 tahun sejak mereka dikalahkan oleh tentara yang dipimpin Amerika Serikat.

Juru bicara Taliban mengatakan perang telah berakhir di Afganistan, ia juga menambahkan kelompok ini tidak mau diisolasikan dari negara luar dan ingin menjalin hubungan dengan komunitas internasional.

Hua menyatakan Cina telah menjaga kontak dan komunikasi dengan Taliban dan mereka akan memainkan peran untuk membantu perdamaian dan pembangunan kembali di Afganistan.

Ia juga mengatakan Kedutaan Besar Cina di Afganistan tetap berjalan seperti biasanya dan utusan mereka tetap bekerja sesuai tanggung jawab masing-masing.