Cina Akan Mengirim Astronot ke Mars

By Nad

nusakini.com - Internasional - Setelah berhasil mengirimkan 3 astronotnya untuk membangun stasiun luar angkasanya sendiri, kini Cina berencana untuk melakukan misi beranggota pertama ke Mars pada tahun 2033.

Misi ini akan diikuti dengan penerbangan-penerbangan lanjutan, dalam rencana jangka panjang untuk mendirikan pangkalan yang bisa ditinggali secara permanen di planet merah tersebut. Hal ini juga dilakukan untuk mengambil dan mempelajari sumber daya planet Mars.

Rencana ini dikatakan akan meningkatkan perlombaan Cina dengan Amerika Serikat mengenai negara mana yang akan mendaratkan manusia pertama kali di Mars. Selain itu, rencana ini adalah lanjutan setelah Cina berhasil mendaratkan rover robot pada pertengahan bulan Mei di Mars.

Pengiriman misi beranggota direncanakan pada tahun 2033, 2035, 2037, 2041 dan selanjutnya, menurut pembuat roket utama Cina, Wang Xiaojun melalui konferensi eksplorasi ruang angkasa di Rusia.

Sebelum misi beranggota pertama, Cina akan mengirimkan robot-robot ke Mars untuk mempelajari lokasi yang sesuai untuk membangun pangkalan dan sistem yang akan digunakan untuk mengambil sumber daya di sana.

Untuk pemukiman manusia di Mars, anggota misi harus mampu memberdayakan sumber daya yang ada, seperti menggali sumber air di bawah tanah, membuat oksigen, dan juga membangun listrik. Selain itu, Cina harus mengembangkan teknologi yang bisa mengirim astronot-astronot ini kembali ke Bumi.

Misi tanpa anggota yang akan pulang balik antara Mars dan Bumi diharapkan akan dikirim pada akhir tahun 2030-an.

NASA dari AS, sudah mengembangkan teknologi yang dapat mengirimka astronot ke Mars dan kembali ke Bumi pada tahun 2030-an juga. (dd)