nusakini.com - Internasional - China melaporkan hampir 3.400 kasus Covid-19 setiap hari pada hari Minggu (13/3), dua kali lipat dari hari sebelumnya, memaksa pemberlakuan lockdown pada titik-titik virus ketika negara itu menghadapi wabah paling parah dalam dua tahun.

Lonjakan kasus secara nasional telah membuat pihak berwenang menutup sekolah di Shanghai dan mengunci beberapa kota di timur laut, karena hampir 19 provinsi bertempur melawan kelompok varian Omicron dan Delta.

Kota Jilin telah dikunci sebagian, dengan ratusan lingkungan disegel, seorang pejabat mengumumkan Minggu, sementara Yanji, daerah perkotaan dengan hampir 700.000 penduduk yang berbatasan dengan Korea Utara, ditutup sepenuhnya.

China, tempat virus itu pertama kali terdeteksi pada akhir 2019, telah mempertahankan kebijakan ketat nol-Covid yang diberlakukan dengan penguncian cepat, pembatasan perjalanan, dan pengujian massal ketika klaster telah muncul.

Tetapi gejolak terbaru, didorong oleh varian Omicron yang sangat menular dan lonjakan kasus tanpa gejala, menantang pendekatan itu.

Zhang Yan, seorang pejabat di komisi kesehatan provinsi Jilin, mengakui pada hari Minggu bahwa tanggapan virus dari otoritas lokal sejauh ini masih kurang.

“Mekanisme tanggap darurat di beberapa daerah tidak cukup kuat, tidak ada pemahaman yang cukup tentang karakteristik varian Omicron … dan penilaiannya tidak akurat,” katanya pada konferensi pers pemerintah.

Warga Jilin telah menyelesaikan enam putaran pengujian massal, kata pejabat setempat. Pada hari Minggu kota tersebut melaporkan lebih dari 500 kasus varian Omicron.

Kota tetangga Changchun - basis industri sembilan juta orang - dikunci pada hari Jumat (11/3).

Kota-kota kecil Siping dan Dunhua, keduanya di provinsi Jilin, dikunci pada Kamis (10/3) dan Jumat, menurut pengumuman resmi.

Walikota Jilin dan kepala komisi kesehatan Changchun diberhentikan dari pekerjaan mereka pada hari Sabtu (12/3), media pemerintah melaporkan, sebagai tanda keharusan politik yang ditempatkan pada otoritas lokal untuk menekan kelompok virus.

Tetapi kelelahan dengan pendekatan ketat telah terlihat di China, dengan para pejabat semakin mendesak langkah-langkah yang lebih lembut dan lebih terarah untuk menahan virus, sementara para ekonom memperingatkan bahwa tindakan keras yang keras merugikan ekonomi.

Karena kasus telah meningkat sejak akhir Februari, respons di berbagai bagian negara itu umumnya lebih lembut dan lebih ditargetkan dibandingkan dengan Desember, ketika kota Xi'an dan 13 juta penduduknya dikunci selama dua minggu.

Di kota terbesar China, Shanghai, pihak berwenang semakin bergerak untuk mengunci sementara sekolah, bisnis, restoran, dan mal individu karena ketakutan akan kontak dekat daripada karantina massal.

Antrean panjang terlihat di luar rumah sakit di kota ketika orang-orang bergegas untuk mendapatkan tes Covid yang negatif.

Ketika kasus meningkat, komisi kesehatan nasional negara itu mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka akan memperkenalkan penggunaan tes antigen cepat.

Alat tes sekarang akan tersedia secara online atau di apotek untuk klinik dan warga biasa untuk membeli untuk "pengujian sendiri", kata komisi kesehatan.

Meskipun tes asam nukleat akan terus menjadi metode pengujian utama, langkah tersebut menunjukkan bahwa China mungkin mengantisipasi bahwa upaya resmi tidak akan dapat menahan virus.

Pekan lalu, seorang ilmuwan top China mengatakan negara itu harus bertujuan untuk hidup berdampingan dengan virus, seperti negara lain, di mana Omicron telah menyebar seperti api.

Tetapi pemerintah juga telah menjelaskan bahwa penguncian massal tetap menjadi pilihan.

Wakil Perdana Menteri China Sun Chunlan, yang sering mengirimkan pemikiran tingkat atas tentang tanggapan pandemi melalui telegram, pada hari Sabtu mendesak daerah untuk segera menerkam dan membersihkan wabah. (theguardian/dd)