CEO Volkswagen Mengundurkan Diri

By Nad

nusakini.com - Internasional - CEO Volkswagen meninggalkan jabatannya, sebuah langkah yang mengejutkan, efektif 1 September.

Perusahaan mengumumkan pada hari Jumat (22/7) bahwa CEO Herbert Diess akan digantikan oleh Oliver Blume, kepala divisi mobil kinerja Porsche Volkswagen.

Volkswagen, produsen mobil terbesar kedua di dunia, tidak memberikan alasan keluarnya Diess.

Tetapi sebuah laporan Reuters mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan keluarga Porsche dan Piech - yang di antara mereka memiliki mayoritas hak suara di Volkswagen - mendesak untuk perubahan di pucuk pimpinan. Perusahaan tidak segera menanggapi permintaan komentar atas laporan itu.

Itu adalah masa jabatan yang sibuk dan menantang bagi Diess. Dia mengambil kendali di Volkswagen pada tahun 2018, setelah skandal "dieselgate" yang memaksa perusahaan untuk membayar denda besar-besaran di AS dan Eropa untuk pembacaan emisi yang menipu.

Namun, dia mampu menempatkan skandal itu sebagian besar di kaca spion perusahaan. Dan dia lebih fokus pada kendaraan listrik daripada banyak pembuat mobil mapan, memposisikan Volkswagen untuk perubahan besar. (cnn/dd)