Cegah Covid-19, Alumni MAN 5 Bogor Inisiasi Gerakan 1AM

By Abdi Satria


nusakini.com-Bogor-Alumni Madrasah Aliyah Negeri 5 Bogor (MAN 5 Bogor) menginisiasi gerakan "1AM" untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), di Kota Bogor, Jawa Barat.  

Adalah Abdul Basit, Alumni MAN 5 Bogor angkatan 1994, pencetus ide gerakan yang memiliki kepanjangan "1 Alumni 1 Masker".  

"Gerakan ini dimulai dengan melakukan penjualan kaos kepada alumni, keuntungan dari penjualan kaos tersebut digunakan untuk membeli masker, dan sembako," ungkap Basit yang ditemui usai membagikan masker di Check Point PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Parung Panjang, di Kota Bogor belum lama ini.  

Basit menyampaikan, dengan cara memesan kaos, gerakan ini juga menghidupkan UMKM Konveksi Kaos. Dalam pelaksanaannya, menurut Basit para Alumni ternyata tidak hanya membeli kaos yang dijual saja..  

"Justru banyak Alumni yang menyumbang masker berlusin-lusin, sembako, dan uang tunai dengan nominal yang jauh lebih besar dari harga penjualan kaos," tuturnya.  

Semula, pengumpulan dana dilakukan mulai tanggal 18-30 April 2020. diluar prediksi pada tanggal 22 April 2020 sudah terkumpul 200 Masker dan Sembako.  

"Karena sudah ada yang terkumpul, kami bergerak cepat membagikan masker di lokasi Check Point PSBB Parugpanjang. Ini jadi tahap awal dari Gerakan 1 Alumni 1 Masker," kata Basit.  

Tahap selanjutnya, Alumni MAN 5 Bogor melakukan pendataan masyarakat yang akan diberikan bantuan berupa sembako. "Kegiatan ini semata-mata sebagai bentuk kepedulian alumni kepada masyarakat di situasi pandemik Covid 19," ujar Basit. 

"Semoga apa yang kami lakukan bisa menggugah masyarakat lainnya untuk peduli sesama dan juga waspada terhadap pandemik COVID- 19," imbuhnya.(p/ab)