California sedang Berburu Beruang yang Diketahui sering Bobol Rumah Warga

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pihak berwenang di South Lake Tahoe di California telah meluncurkan upaya perangkap khusus untuk menjebak beruang hitam seberat 500 pon yang dikenal sebagai "Hank the Tank".

Hank, menurut pihak berwenang, “mudah dikenali karena ukurannya yang sangat besar dan mantel gelap dengan moncong yang lebih terang”.

Berat rata-rata beruang hitam di AS barat berkisar antara 100 pon hingga 300 pon, menurut departemen ikan dan margasatwa Washington. Hank tampak jauh lebih besar.

Sejak Juli lalu, Hank telah membobol setidaknya 28 rumah di dalam dan sekitar kawasan Tahoe Keys. Digambarkan sebagai "sangat terobsesi dengan makanan", Hank juga telah menyebabkan kerusakan properti yang luas di lebih dari tiga puluh kasus yang didokumentasikan. Penduduk setempat telah mengajukan setidaknya 102 laporan polisi tentang Hank.

“Lebih mudah menemukan sisa pizza daripada pergi ke hutan,” kata Peter Tira, juru bicara departemen ikan dan satwa liar California, menurut New York Times.

Pihak berwenang telah menggunakan kombinasi pencegah termasuk sirene yang keras, menembakkan taser mereka, yang menciptakan "suara klik-klak yang dibenci beruang", dan putaran beanbag. Namun, tidak satu pun dari metode ini yang terbukti berhasil.

“Ini adalah beruang yang telah kehilangan semua rasa takut terhadap manusia,” kata Tira. "Ini adalah situasi yang berpotensi berbahaya."

Ann Bryant, direktur eksekutif Bear League, layanan penyelamatan satwa liar yang berbasis di California, mencatat bahwa masih belum jelas bagaimana Hank memperoleh cita rasa manusia tetapi menegaskan bahwa "dia tidak menjadi gemuk seperti memakan buah beri dan belatung".

Pada hari Jumat (18/2), departemen kepolisian South Lake Tahoe menanggapi laporan tentang beruang di dalam rumah. Hank menerobos masuk melalui jendela kecil dan masuk ke dalamnya.

Polisi menggedor bagian luar rumah sampai dia muncul dan pergi melalui pintu belakang. Pihak berwenang mencatat bahwa penduduk dapat mengajukan permohonan untuk kotak beruang, wadah terkunci yang biasanya digunakan berkemah untuk melindungi makanan, dengan biaya tertentu.

Karena upaya untuk menjebak Hank berulang kali gagal, pihak berwenang mengatakan mereka mungkin perlu mempertimbangkan untuk menidurkan beruang itu, yang menurut mereka adalah "pilihan terakhir" mereka.

Awal tahun ini, pihak berwenang melepaskan perangkap beruang setelah seseorang menyemprotkan cat "Bear Killer" di atasnya.

“Dia hanya duduk di sana dan makan. Dia tidak menyerang mereka. Dia tidak menggeram. Dia tidak membuat wajah kasar… Kenapa boneka besar ini harus mati?” kata Bryant kepada Times. (theguardian/dd)