Bupati Kepulauan Seribu Diminta Cari Lahan untuk TPU

By Admin


nusakini.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, meminta Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo agar mengupayakan ketersediaan lahan untuk taman pemakaman umum (TPU). Selama ini, keterbatasan areal pemakaman menjadi salah satu persoalan bagi warga di sana.  


Menurut Sumarsono, idealnya pulau-pulau permukiman memiliki satu TPU. Namun, sampai saat ini hanya Pulau Untung Jawa, Lancang, Pari, Tidung, dan Pulau Harapan yang memiliki TPU sendiri. 


Sedangkan, warga Pulau Panggang dan Pramuka memanfaatkan areal pemakaman di Pulau Karya.


"TPU idealnya per pulau. Mudah-mudahan Bupati bisa mencarikan lahan untuk TPU. Walaupun sedikit minimal adalah lahan pemakaman, itu idealnya," ucap pria yang akrab dipanggil Soni.


Terkait hal ini, Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo mengungkapkan, wewenang ketersediaan lahan pemakaman baru saja dilimpahkan ke pemkab setelah sebelumnya berada pada Dinas Kehutanan DKI Jakarta.


"Setelah dilimpahkan kewenangannya, kita akan usahakan. Akan jadi prioritas seperti yang tadi disampaikan. Lurah, camat langsung cek, kira-kira lahan mana yang bisa langsung kita beli atau bebaskan," ungkap Budi.(pr/kj/al)