Bulan Ini Tiga Plt Gubernur Segera Dilantik Definitif

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menyelenggarakan pelantikan tiga kepala daerah yang rencananya berlangsung pada pertengahan Mei ini. Tiga kepala daerah tersebut adalah Gubernur Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau. 

Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan tersebut akan berlangsung di Jakarta. Saat ini, pihaknya tinggal menunggu waktu kepulangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dari luar negeri. Menurut dia, ada kemungkinan pada pekan depan sekitar tanggal 19 atau 20 Mei. 

“Begitu pulang, bisa langsung melangsungkan pelantikan,” kata Tjahjo di Jakarta, Kamis (12/5) Selain itu, juga akan berlangsung pelantikan Gubernur Kalimantan Tengah dan Wakil Gubernur DIY. 

Tjahjo juga sekarang masih berkordinasi soal pelantikan Wakil Gubernur DIY. Ia masih mempertanyakan apakah wagub tersebut bisa dilantik nantinya di Jakarta atau tidak. Sebab, perlu meninjau terlebih dahulu aturan soal otonomi khusus DIY tersebut. 

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Dodi Riatmadji menambahkan, Mendagri telah meminta agar Sekjen berkordinasi dengan sejumlah pihak terkait rencana pelantikan tersebut. Ia akan mengusahakan agar pelantikan bisa berlangsung pekan depan. 

“Namun kalau tidak bisa pekan depan, kemungkinan akan berlangsung pada tanggal 23 dan selanjutnya itu,” ujar Kapuspen Dodi. (p/ab)