Buku Cerita, Cinta, dan Cita-cita Karya None Jakarta Diluncurkan

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Buku Cerita, Cinta dan Cita-cita yang mengangkat kumpulan kisah None Jakarta tahun 1981-2016, diluncurkan di Ruang Auditorium, Perpustakaan Nasional, Jl Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. 

Buku setebal 192 halaman tersebut berisi tentag kisah suka dan duka dari mulai pemilihan hingga bertugas menjadi None Jakarta.

Anggota DPD RI yang juga salah satu penulis buku tersebut, Sylviana Murni mengatakan, pembuatan buku berawal dari sebuah gagasan kreatif dan inovatif dari para pemenang Abang None Jakarta angkatan tahun 1981-2016. 

"Buku ini lahir dari gagasan bersama dengan tujuan menceritakan kembali pengalaman berharga secara tertulis," ujar Sylvi, Rabu (30/10). 

Dijelaskan Sylvi, pengerjaan buku ini ditulis kurang lebih satu tahun dengan kekuatan keakraban dan jalinan kekeluargaan, serta rasa kebanggaan pernah berkecimpung menjadi None Jakarta. 

Harapannya, selain bisa menjadi kenang-kenangan, buku ini juga bisa menginspirasi para pembaca. 

"Harapan buku ini bisa menjadi inspirasi para pembaca dan generasi milenial," jelasnya. 

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Dadang Solihin menambahkan, buku ini merupakan potensi yang luar biasa dalam mendorong generasi muda untuk membangun budaya di DKI Jakarta khusunya, Betawi. 

"Diharapkan ke depan, Abang dan None bisa lebih kreatif lagi untuk membangun budaya dan pariwisata di Jakarta," katanya. 

Gubernur DKI Jakarta periode tahun 2007-2012, Fauzi Bowo yang turut hadir dalam acara itu menuturkan, buku yang diluncurkan tersebut menjadi salah satu sarana untuk memupuk kecintaan terhadap budaya Betawi dan kota Jakarta.  

"Sebab, buku ini mengisahkan tentang proses krearifan atau perjalanan para None Jakarta dalam membangun Ibukota," tandasnya. (p/ab)