Bosowa Peduli Serahkan APD ke JPK Sulsel

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Bosowa Peduli menyerahkan sumbangan pakaian Alat Pelindung Diri (APD) buat tenaga medis ke Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) Sulawesi Selatan di sekretariat Posko JPK Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, (14/4/2020). 

Penyerahan sumbangan tersebut diserahkan Ketua Dewan Pembina Bosowa Peduli, Munafri Arifuddin, didampingi CEO Bosowa Foundation, Melinda Aksa serta Direktur Bosowa Peduli Marini Mallagennie, selanjutnya diterima Koordinator JPK Sulsel Darwin Fatir dengan jumlah tiga dus berjumlah 100 lembar di posko kemanusiaan setempat. 

Menurut Munafri yang akrab disapa Appi ini,  sejauh ini Bosowa Peduli sudah menyalurkan 500 APD termasuk diberikan kepada JPK Sulsel untuk didistribusikan. 

"Mudah-mudah bantuan ini bisa disalurkan bagi yang memerlukan. Sebab, menurut saya APD sangat penting buat tenaga medis untuk melindungi dirinya. Mudah-mudahan bisa dipakai dan bermanfaat bagi semuanya," tutur CEO PT PSM ini. 

Appi menambahkan, pihaknya  mempercayakan penyaluran APD tersebut kepada JPK karena para jurnalis tentu mengetahui sasaran mana yang dianggap layak diberikan. Terutama di Puskesmas dan daerah di pulau terpencil. 

"Kita melihat teman-teman jurnalis juga bergerak menyasar puskesmas sampai wilayah terkecil, terjauh. Sehingga kita mencoba untuk bekerja sama dengan mereka (JPK) melalui Bosowa Peduli," ujar Appi.

Pada kesempatan itu, beberapa lembar APD bantuan dari Bosowa Peduli, langsung diserahkan ke perwakilan dari Puskesmas Liukang Kalmas. Puskesmas ini diketahui terletak di pulau terluar dan terdepan berbatasan dengan Pulau Jawa. 

Sementara Koordinator JPK Sulsel, M Darwin Fatir memberikan apresiasi serta berterima kasih atas bantuan sumbangan APD dari Bosowa Peduli, termasuk mempercayakan penyalurannya kepada jurnalis di tempat yang tepat. 

"Alhamdulilah, bantuan APD ini menjadi tambahan amunisi kita untuk menyebarkan ke seluruh puskesmas di Makassar sebagai bentuk kepedulian perlindungan kepada tenaga medis yang sangat mudah terpapar Covid-19," ujarnya. 

Hingga saat ini, pakaian APD yang terkumpul dan sudah disebar ke Puskesmas total sebanyak 261 lembar. Pengumpulan APD ini dari para donatur dan jaringan JPK, bantuan Pemkab Bantaeng 30 lembar beserta masker dan Bosowa Peduli 100 lembar pakaian APD. 

"Sampai saat ini untuk penggalangan donasi bantuan kemanusian terus kami buka. Kami berharap bantuan dari berbagai pihak bisa membantu tenaga medis kita sebagai garda terdepan menangani pandemi korona," tambahnya. 

JPK Sulsel terbentuk atas inisiasi dari sejumlah organisasi pers diantaranya, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulawesi Selatan, Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel, dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar.(r/ab)