BOPI Minta Operator ISC 2016 Koordinasi Dengan Tim Transisi

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) meminta promotor kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) yaitu PT Gelora Trisula Semesta (GTS) melakukan koordinasi dengan Tim Transisi untuk mendapatkan rekomendasi pelaksanaan kompetisi yang rencananya digulirkan 15 April.

"Koordinasi dengan Tim Transisi harus dilakukan sebelum kami memberikan rekomendasi. Yang jelas surat permohonan dari PT GTS sudah kami balas dan dikirimkan hari ini," kata Sekjen BOPI Heru Nugroho di Jakarta, Rabu (30/3/2016) 

Menurut dia, secara umum pihaknya siap mengeluarkan rekomendasi untuk digulirnya kompetisi yang akan diikuti oleh klub yang sebelumnya mengisi kompetisi tertinggi di Tanah Air yaitu Indonesia Super League. Hanya saja semuanya harus sesuai dengan aturan yang ada. 

Dalam surat balasan yang dikeluarkan BOPI dengan nomor 027/BOPI/KU/III/2016, PT GTS selalu promotor ISC harus melakukan komunikasi dengan Tim Trasisi terkait regulasi untuk penyelenggaraan kompetisi diantaranya standart kualifikasi peserta tingkat profesional terutama kelayakan dalam aspek sepak bola. 

Selain itu terkait administrasi kompetisi dan pertandingan, ketentuan umum dan teknis terkait penyelenggaraan kompetisi hingga ketentuan dan perijinan terhadap personel tim mulai dari pemain hingga team official setiap klub peserta ISC A. 

"Jika sudah ada rekomendasi dari Tim Transisi, BOPI akan segera melakukan verifikasi. Yang jelas, hingga saat ini belum ada perubahan mekanisme pemberian rekomendasi kecuali pemerintah mengeluarkan instruksi baru tanpa melalui Tim Transisi," kata Heru Nugroho. 

Kompetisi ISC sendiri terbagi atas dalam dua grup yaitu A untuk klub ISL dan B untuk klub Divisi Utama. Sesuai dengan ketentuan awal, kompetisi yang akan dibuka dengan pertandingan antara Persipura melawan Sriwijaya FC di Jayapura, Papua, 16 April ini tidak menggunakan sistem promosi dan degradasi.(ab)