BNI Kucurkan Kredit Rp 1 Triliun Buat Semen Indonesia

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Bertempat di Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia, Jakarta, Jumat (22 April 2016), Direktur Utama Semen Indonesia (SI), Suparni bersama Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta menandatangani fasilitas Kredit Modal Kerja (KMK) senilai Rp 1 Triliun.

Suparni mengatakan, fasilitas KMK ini akan digunakan untuk general purpose dan keperluan operasional perusahaan. Hal ini merupakan salah satu bentuk sinergi BUMN bidang jasa keuangan dengan sektor industri riil. Rencananya fasilitas ini akan digunakan untuk mengoptimalkan skema pendanaan Perseroan khususnya sebagai bridging loan dalam rangka mendukung rencana strategis Perseroan

Saat ini Semen Indonesia sedang menyelesaikan pembangunan dua pabrik semen terintegrasi di Rembang, Jawa Tengah dan Indarung VI, Padang, Sumatera Barat dengan kapasitas masing-masing 3 juta ton per tahun.

Sedangkan menurut Herry, Semen Indonesia merupakan salah satu nasabah potensial BNI, di mana SMGR (simbol saham SI) sudah menjadi nasabah BNI sejak tahun 1995. Dalam rangka meningkatkan sinergi BUMN antara BNI – SMGR, BNI telah melakukan berbagai kerja sama, selain pemberian fasilitas kredit baik Cash Loan maupun Non Cash Loan kepada Holding dan Group usahanya, BNI juga telah melakukan pengelolaan aktivitas keuangan SMGR.

Selain melakukan kerja sama dengan Semen Indonesia Group, lanjut Herry menjelaskan, BNI juga menjalin kerja sama dengan Mitra Korporat Semen Indonesia Group dalam bentuk pemberian fasilitas kredit kepada Supplier dan Distributor Semen Indonesia atau yang dikenal dengan Supply Chain Financing (SCF).

"Semoga dengan adanya kerjasama ini, dapat meningkatkan dan menciptakan nilai tambah dan manfaat bagi BNI dan juga Semen Indonesia,” tutup Herry.(if/mk)