Bidang Kesehatan Termasuk Prioritas Utama Pemerintah Dalam Arah Kebijakan 2021

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Pemerintah tetap memprioritaskan bidang kesehatan dalam arah kebijakannya. Apalagi pandemi Covid-19 masih belum jelas kapan akan berakhir.  

Dalam Nota Keuangan beserta RAPBN Tahun Anggaran 2021, arah kebijakan bidang kesehatan tahun 2021 yaitu pertama, percepatan pemulihan kesehatan akibat pandemi Covid-19 melalui peningkatan dan pemerataan supply side. Kedua, penguatan program generasi unggul utamanya dilaksanakan melalui percepatan penurunan stunting. Ketiga, penguatan sinergi dan koordinasi pusat dan daerah. Keempat, Health Security Preparedness melalui penguatan pendanaan sektor kesehatan, penguatan kerangka kerja kedaruratan kesehatan, dan pengintegrasian sistem informasi kesehatan dari pusat hingga unit terkecil di daerah. 

Pembangunan bidang kesehatan akan dilaksanakan antara lain oleh Kementerian Kesehatan dan BPOM. Beberapa target output prioritasnya antara lain pertama, cakupan penduduk yang menjadi peserta penerima bantuan iuran (PBI) melalui JKN/KIS sebanyak 96,8 juta jiwa. Kedua, penyediaan makanan tambahan bagi 238.000 ibu hamil kurang energi kronis. Ketiga, penyediaan makanan tambahan bagi 441.000 balita kurus, dan keempat, sampel makanan yang diperiksa sebanyak 25.158 sampel dan sampel obat, obat tradisional, kosmetik dan suplemen kesehatan yang diperiksa sebanyak 60.340 sampel. (p/ab)