Bhayangkara FC Sikat Persebaya Untuk Puncaki Klasemen

By ommed


nusakini.com - Bhayangkara FC akhirnya berhasil memuncaki klasemen sementara Liga 1 2021/22 sebelum jeda internasional setelah menaklukkan Persebaya Surabaya 2-1 pada pertandingan pekan ke-20 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Selasa (18/1) malam WIB.

Kemenangan itu membuat Bhayangkara FC kini mengoleksi nilai 43 sekaligus menggusur Arema FC ke peringkat dua, karena unggul dua poin. Sedangkan Persebaya yang memiliki 39 angka harus puas berada di peringkat keempat di bawah Persib Bandung.

Persebaya langsung menggebrak pertahanan Bhayangkara FC selepas wasit meniup peluit kick-off, dan sudah mendapatkan peluang emas di menit pertama. Sayangnya, sundulan Samsul Arif yang berdiri bebas ketika menerima umpan Bruno Moreira masih menyamping di sisi kanan gawang.

Selang satu menit kemudian, Samsul kembali memberikan ancaman. Marselino Ferdinan berhasil mencuri bola dari TM Ichsan, dan melepaskan tendangan yang membentur Hansamu Yama. Bola muntah disambar Samsul, tapi dapat diamankan kiper Awan Setho Raharjo.

Bhayangkara FC memberikan respons, tapi penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka gagal mengubah papan skor. Peluang sempat diperoleh Hansamu di menit ke-17, tapi tendangannya dari jarak dekat menyambar bola muntah hasil tendangan bebas masih tidak menemui sasaran.

Selanjutnya Persebaya yang memberikan ancaman melalui Samsul pada menit ke-21. Penyerang veteran ini melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, namun dapat ditepis Awan Setho.

Satu kesalahan fatal mendatangkan malapetaka bagi Bhayangkara FC menjelang babak pertama usai. Taisei Marukawa mencuri bola back-pass Ezechiel N'Douassel, dan menggiringnya ke dalam kotak penalti. Marukawa selanjutnya menaklukkan Awan Setho untuk membawa Persebaya unggul 1-0 di babak pertama.

Duel antara Bhayangkara FC dan Persebaya tetap berlangsung sengit dan ketat di babak kedua. Bhayangkara FC yang berusaha mengejar ketertinggalan, bermain lebih agresif untuk menyamakan kedudukan.

Kendati demikian, Persebaya mampu menciptakan peluang pada menit ke-63. Ady Setiawan melepaskan tendangan keras yang membuat Awan Setho mementahkan peluang tersebut.

Upaya Bhayangkara FC menyamakan kedudukan membuahkan hasil pada menit ke-72. Umpan panjang Sani Rizki disambut sundulan tipis N'Douassel. Melvin Platje selanjutnya menyontek bola, sehingga melewati kiper Andhika Ramadhani. Kedudukan berubah menjadi 1-1.

N'Douassel membayar kesalahaannya di akhir babak pertama dengan membawa Bhayangkara FC berbalik unggul di menit ke-87. Umpan Anderson Salles dari sisi kiri serangan disambut tandukan N'Douassel, sehingga The Guardian memimpin 2-1.

Persebaya mengakhiri pertandingan dengan sepuluh pemain setelah Ricky Kambuaya menerima kartu kuning keduanya di injury time, sehingga meninggalkan lapangan lebih cepat. (gi/om)