Besok, Presiden Jokowi Akan Jadi Inspektur Upacara HUT KORPRI

By Admin

nusakini.com-- Puluhan ribu anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) bakal memadati lapangan Silang Monas Sayap Selatan, Selasa 29 November 2016, pukul 08.00 WIB. Mereka akan mengikuti upacara peringatan HUT ke-45 KORPRI , dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo. 

Menteri Pendayagnaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, HUT KORPRI tahun ini mengangkat tema KORPRI professional, netral, berintegritas, pelayan publik, perekat NKRI, menjunjung tinggi semangat kebangsaan dan kebhinekaan. 

Tema ini dikedepankan, karena organisasi yang beranggotakan Pegawi Negeri Sipil (PNS) ini memang berkewajiban untuk menjadi perekat NKRI dan pelayan masyarakat. “Presiden memerintahkan agar dalam acara nanti ada konsep Nusantara. Artinya, tidak ada perbedaan dalam tubuh KORPRI” ujar Menteri saat meninjau Gladi Bersih di silang Monas, Senin (28/11). 

Pesan tersebut pun langsung direalisasikan, dengan mengundang PNS di daerah sebagai peserta upacara. Ketua II Dewan Pimpinan Korpri Nasional Dwi Wahyu Atmaji menjelaskan, instansi yang lokasinya tidak berada di sekitar Monas, juga diminta hadir dan mensupport dengan mengirimkan pegawainya antara 100 – 200 oirang. “Dalam setiap upacara yang dipimpin Presiden, selalu ada pesan yang relevan dan ditunggu-tunggu banyak orang,” ujarnya. 

Dikatakan, PNS yang hadir wajib mengenakan pakaian adat daerah. “Dalam undangan kami sampaikan bahwa 50 orang dari setiap instansi menggunakan pakaian daerah sesuai dengan daftar pembagian jenis pakaian daerah, dan selebihnya menggunakan seragam KORPTI dengan peci polos,” imbuh Atmaji yang juga Sekretaris Kemenetrian PANRB. 

Untuk menampilkan konsep Nusantara, akan menampilkan budaya daerah dari 34 provinsi, atraksi Drum Band Gita Abdi Praja IPDN. Dalam upacara HUT ke – 45 KORPRI ini juga mengundang TNI, Polri, Pramuka dan Dharma Wanita.  

Selain itu, dalam rangkaian acara ini akan dilakukan Peluncuran Toko Online Korpri (Tok Tok) yang rencananya akan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi. Tok tok ini sebagai start up e-commerce atau toko online bagi para anggota Korpri yang jumlahnya sekita 4,5 juta orang. 

HUT KORPRI juga akan dimeriahkan dengan Korpri Expo di Lapangan Banteng, yaitu pameran yang akan diikuti oleh seluruh pengurus Korpri di semua tingkatan, mulai di tingkat kementerian/lembaga sampai pengurusan di daerah. Pameran tersebut juga akan diikuti oleh sejumlah BUMN/BUMD atau perusahaan swasta yang ingin membuka jaringan komunkasi, dan kerja sama dengan Korpri. (p/ab)