Bersepeda, Cara Pelatih Persib Kenang Masa Kecilnya di Belanda

By Abdi Satria


nusakini.com-Bandung-Akhir-akhir ini, pelatih Persib Bandung, Robert Alberts selalu meluangkan waktunya untuk bersepeda di sekitaran Kota Bandung. Hobi 'gowes' pelatih berkebangsaan Belanda ini ternyata tidak muncul secara mendadak. Robert mengaku bersepeda merupakan kegiatan yang rutin ia lakukan beberapa puluh tahun lalu, ketika masih kanak-kanak.

"Sejak saya sekolah dan masuk ke akademi sepakbola Ajax di Belanda, sepeda adalah alat transportasi utama. Tepatnya saat usia 12 tahunan, saya setidaknya menempuh waktu satu jam menuju ke sekolah, dan satu jam lagi dari sekolah menuju tempat latihan. Tentu sangat menyenangkan waktu itu," ungkap Robert di sela-sela kegiatan bersepeda bersama para staf dan karyawan P. T. Persib Bandung Bermartabat (PBB), Sabtu (11/7).. 

Robert menambahkan, sepeda merupakan alat transportasi favorit bagi orang-orang di negeri Kincir Angin tersebut. 

"Ya, pergi ke sekolah, belanja ke supermarket hingga menuju tempat kerja orang-orang di Belanda banyak yang menggunakan sepeda," lanjutnya di situs klub.

Di Bandung, ia pun merasakan suasana yang berbeda ketika bersepeda. Menurutnya, Bandung merupakan tempat yang sangat menyenangkan untuk mengayuh sepeda miliknya. 

"Di sini banyak tempat yang bagus untuk tujuan bersepeda. Di Malaysia atau di Malang saya tidak pernah bersepeda. Tapi, saya selalu pergi dengan sepeda ke tempat latihan saat saya di Makassar," tukasnya.(p/ab)