Bermain Hingga 10 Musim, City Akan Bikin Patung Untuk David Silva

By ommed


nusakini.com - Silva menjadi pemain kedua Man City yang dibuatkan patung setelah Vincent Kompany. Kedua patung akan diresmikan bersama pada 2021.

Manchester City bakal mendirikan patung gelandang sekaligus legenda klub, David Silva (34 tahun), di areal Stadion Etihad.

Patung Silva dibuat untuk menghormati kontribusi sekaligus menandai akhir era sang pemain yang memutuskan untuk hengkang pada akhir musim ini setelah 10 tahun membela The Citizens.

Selama bersama Man City, Silva membantu klub memenangkan empat gelar Liga Primer Inggris, lima Piala Liga Inggris, dan dua Piala FA.


Selain patung, Man City lebih dulu mendedikasikan mozaik Silva di markas akademi klub saat ia berkontribusi dalam kemenangan atas Manchester United dengan skor 6-1 di Old Trafford pada 2011.

"David Silva adalah pemain yang bertransformasi. Dia pemimpin pendiam yang bertindak diam-diam dan menginspirasi semua orang di sekitarnya, dari pemain akademi termuda hingga rekan setim seniornya selama 10 tahun terakhir," ucap Chairman Man City, Khaldoon Al-Mubarak.

"Dia telah memberikan tanda pada tim, di klub ini, sejarahnya, dan bahkan Liga Primer Inggris secara keseluruhan. Dengan itu, dia telah berperan penting dalam filosofi sepakbola indah yang Anda lihat hari ini. Dia adalah awal,” kata pria asal Uni Emirat Arab itu.

“Seperti Vincent [Kompany] sebelumnya, patung David akan menjadi pengingat abadi tentang momen indah yang dia berikan kepada kami, tidak hanya sebagai pesepakbola yang luar biasa, tetapi sebagai duta besar yang menginspirasi, yang mewakili klub ini dengan gengsi yang tinggi setiap saat,” tambahnya.

Sayang, Silva menutup karier di Man City dengan kurang mulus. Ia tampil sebagai pemain pengganti dalam kekalahan 3-1 dari Lyon pada perempat-final Liga Champions di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, akhir pekan lalu.

Tercatat, laga tersebut menandai penampilan ke-436 Silva bersama Man City sekaligus menempatkannya di urutan ke-10 daftar penampil terbanyak sepanjang masa klub bersama Willie Donachie.


Silva didatangkan Man City dari Valencia senilai £24 juta pada musim 2010/11. Kala itu, kubu Manchester Biru masih dilatih Roberto Mancini.

Adapun pada musim 2019/20 alias musim penutup Silva di Man City, ia mencetak enam gol dan sepuluh assist dalam 27 penampilan di Liga Primer Inggris.

Kini, Silva berstatus bebas transfer dan dikabarkan selangkah lagi akan bergabung dengan klub Serie A Italia, Lazio. (gi/om)