Berbagai Kementrian Terima Data Citra Satelit dari Lapan

By Admin

JAKARTA-Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) menyerahkan data citra satelit beresolusi tinggi kepada berbagai instansi di Indonesia. Data tersebu tsangat penting untuk mendukung kebutuhan informasi kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah.

"Citra satelit digunakan untuk memenuhi kebutuhan nasional seperti identifikasi objek dan pemetaan skala 1:2.500,"ujar Deputi Penginderaan Jauh Lapan, Orbita Roswintiarti di kantor Lapan, Rabu(27/1/2016).

Orbita menjelaskan, pemanfaatan citra satelit beresolusi tinggi di Indonesia antara lain untuk pembuatan informasi pertahanan, tata batas kawasan hutan, pemantapan kawasan hutan, pembuatan informasi lahan baku sawah, perencanaan lahan pertanian, pemetaan irigasi, deteksi dan pemantauan daerah pertambangan, informasi perpajakan, pembuatan blok sensus, pemantauan wilayah perbatasan dan sebagainya. 

"Citra satelit resolusi tinggi diperoleh melalui stasiun bumi penginderaan jauh Lapan di Parepare. Lapan juga menerima secara langsung citra satelit resolusi menengah untuk kebutuhan pemantauan skala menegah," ujarnya.

Orbita menjelaskan, citra satelit dari Landsat-7 dan Landsat-8 tersebut saat ini telah diproses oleh Lapan untuk menghasilkan mosaic bebas awan di seluruh Indonesia. Pada tahun 2015 lalu, Lapan bekerjasama dengan Badan Informasi Geospasial menyediakan citra satelit penginderaan jauhr esolusi sangat tinggi dengan total luas area sekitar 930.000 km persegi. 


Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Lapan menyerahkan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi kepada 9 kementerian/lembaga dan 49 pemerintah daerah. Sembilan kementerian/lembaga tersebut yakni Kementerian Agraria dan Tata Ruang (BPN), Badan Pengkajian danPenerapan Teknologi (BPPT), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kemenristek Dikti, Kementerian ESDM dan TNI. *