Berangkat Lebih Awal, Timnas U-23 Siap Persembahkan Medali Emas Sea Games 2021

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Timnas Indonesia U-23 telah dilepas Chef de Mission (Cdm) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono pada Selasa (3/5/2022) di Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

Timnas Indonesia U-23 berangkat ke SEA Games 2021 pada hari ini. Tim berjuluk Garuda Muda itu terpaksa pergi lebih awal.

Upacara pembukaan SEA Games 2021 baru dimulai pada 12 Mei 2022. Namun, Timnas Indonesia U-23 telah bermain pada 6 Mei 2022 melawan tuan rumah Vietnam.

Garuda Muda ditargetkan meraih medali emas SEA Games 2021 oleh PSSI yang sudah puasa podium pertama sejak edisi 1991 di Manila, Filipina.

Manajer Timnas Indonesia U-23, Uden Kusuma Wijaya mengatakan bahwa Witan Sulaeman dkk. bakal berjuang semaksimal mungkin demi mewujudkan permintaan itu.

"Anak-anak dalam keadaan baik. Saya juga akan terus memotivasi mereka. Kami bakal memanfaatkan peluang sekecil apa pun selama SEA Games 2021," imbuh Uden dalam keterangan tertulisnya.

Rombongan Pertama

Bersama rowing, Timnas Indonesia U-23 menjadi kontingen Indonesia pertama yang berangkat ke SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Jika Garuda Muda akan bertanding pada 6 Mei 2022, maka rowing bakal bermain pada tiga hari berselang.

"Hari ini kami melepas kloter pertama menuju Vietnam ada dua rombongan di kloter perdana, yaitu tim advance bersama 40 orang dari cabor rowing dan sepak bola yang berjumlah 20 atlet, 8 ofisial, dan 10 ofisial tambahan," kata Ferry Kono.

Dalam pelepasan tersebut, Ferry yang didampingi Deputi I CdM Teuku Arlan Perkasa Lukman memberikan pesan kepada para pemain sebelum berangkat. Keduanya berharap Egy Maulana Vikri dkk. baik Merah Putih selama berkompetisi di SEA Games 2021.

"Kami berharap para atlet kebanggaan bangsa ini bisa menjaga nama baik negara, Indonesia dan nama baik Komite Olimpiade Indonesia. Apa pun yang terjadi di lapangan, saya harap dapat dikomunikasikan ke manajer atau pihak kami terlebih dahulu," ujar lelaki yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal NOC Indonesia itu.

"Insyaallah, ketika dua cabor ini sampai di Vietnam mereka dapat langsung diurus oleh tim CdM yang sudah berada di sana sehingga kami dapat memastikan bahwa mereka mendapatkan layanan terbaik dari tim CdM," terang Ferry. (bola.com)